Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Operator Seluler Tidak Cocok Gelar Internet "Unlimited"

Kompas.com - 03/02/2016, 18:01 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Chief Executive Officer PT Internux (Bolt) Dicky Moechtar menegaskan paket unlimited lebih cocok diberikan oleh operator yang menyediakan internet melalui kabel fiber optik (FO), seperti Telkom Indihome dan FirstMedia.

Operator seluler (wireless) tidak bisa menerapkannya karena keterbatasan alokasi frekuensi, yang juga berdampak pada terbatasnya kapasitas bandwidth mereka. Misalnya alokasi 15 MHz berarti kapasitas yang disediakan hanya sampai 150 Mbps.

Dengan keterbatasan tersebut, jika orang-orang yang mengaksesnya mengambil banyak jatah bandwith maka kecepatan koneksi bisa melambat atau tidak sesuai yang dijanjikan.

Sedangkan operator yang menyediakan internet menggunakan FO, punya kapasitas jauh lebih besar, hingga 1000-an Mbps. Ibarat sebuah jalan raya, kapasitas tersebut berarti orang bisa melewatinya dengan sangat leluasa karena memang ukurannya besar.

"Kalau unlimited yang paling bisa ya kabel, karena mereka jalannya lebar bisa sampai 1000-an MB juga. Ya kalau di grup kami ada FirstMedia, FastNet yang bisa unlimited," terang Dicky saat ditemui KompasTekno di sela-sela acara media gathering di Jakarta, Rabu (3/2/2016).

"Sedangkan wireless, sepreti Bolt, tidak mungkin benar-benar unlimited karena keterbatasan alokasi frekuensi. Kalau ada operator wireless yang unlimited pun pasti ada tanda bintangnya, seperti fair usage policy setelah mencapai kuota tertentu," imbuhnya.

Sebelumnya, Dicky berencana meracik formula kuota yang pas untuk ditawarkan kepada pengguna yang banyak mengonsumsi data, baik untuk streaming video atau kegiatan sejenis.

Namun dia mengaku ini belum jadi prioritas tahun ini karena perusahaan masih menarget pertumbuhan jumlah pelanggan.

Sebagai gantinya, mereka menawarkan kuota lebih besar khusus pengguna yang pacsca bayar dengan harga yang lebih murah dibandingkan pra bayar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com