Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Aplikasi Mobile Terpopuler di Indonesia

Kompas.com - 01/04/2017, 18:24 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber PRNewswire

KOMPAS.com - Laporan teranyar dari perusahaan riset pasar comScrore menunjukkan setidaknya ada 63,6 juta audiens internet atau kerap disebut "netizen" di Tanah Air. Angka itu dihimpun sepanjang Januari 2017.

Dari total tersebut, sebanyak 21,2 juta orang masih mengakses internet dari desktop. Sementara itu, mayoritas  sudah mengakses internet via perangkat mobile seperti smartphone dan tablet, yakni sebanyak 51,7 juta orang.

Akses internet mobile pun dibagi dua, yakni via aplikasi mobile dan situs mobile, sebagaimana dilaporkan PRNewsWire, dan dihimpun KompasTekno, Sabtu (1/4/2017).

Dari 51,7 juta pengguna internet mobile, sekitar 46 juta merupakan pengguna aplikasi mobile dan 40 juta adalah pengguna situs mobile. Angka itu menunjukkan bahwa pengguna aplikasi mobile lebih banyak namun mayoritas dari mereka juga mengakses situs mobile.

Lebih jauh, comScore menjabarkan 10 besar untuk masing-masing aplikasi mobile dan situs mobile yang paling banyak menyerap perhatian netizen Tanah Air.

Duduk di urutan pertama sebagai aplikasi mobile yang paling banyak diakses adalah toko aplikasi Google Play. Tak kurang dari 96 persen dari total pengguna internet mobile mengakses toko aplikasi untuk sistem operasi Android tersebut.

Selanjutnya disusul layanan pesan singkat WhatsApp. Ada 35 juta pengguna aktifnya atau meraup 77,6 persen pangsa pasar pengguna internet mobile di Tanah Air.

Berikutnya adalah YouTube. Agaknya tak berlebihan jika era sekarang disebut era YouTube, di mana vlogger dan YouTuber berjamuran dan audiensnya pun membludak.

Untuk selengkapnya, berikut 10 besar aplikasi mobile yang paling banyak diakses netizen Nusantara.

comScore Aplikasi mobile yang paling banyak diakses netizen Indonesia.

Sementara itu, berikut 10 besar situs mobile yang menjadi sasaran utama pengguna internet mobile di Indonesia.

comScore Situs mobile yang paling banyak diakses netizen Indonesia.

Baca: 5 Aplikasi Lokal Terbaik 2016 Versi Google

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com