Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Donald Trump Gelar Rapat Darurat Bahas Ransomware WannaCry

Kompas.com - 15/05/2017, 08:16 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber Reuters

KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menggelar rapat darurat untuk membahas penyebaran ransomware WannaCry, Minggu (14/5/2017) sore waktu AS.

Dikutip KompasTekno dari Reuters, pertemuan itu setidaknya dihadiri oleh penasihat keamanan dalam negeri (US Homeland Security), Tom Bossert. Langkah ini diambil Trump setelah ransomware WannaCry menyebar ke lebih dari 150 negara.

Setelah pertemuan itu, staf keamanan senior juga dikabarkan mengadakan pertemuan tertutup di Gedung Putih. Pertemuan dilakukan antara badan-badan keamanan penting AS, seperti FBI dan badan intelijen NSA.

Baca: Pemerintah Imbau Korban Ransomware Tidak Bayar Tebusan Rp 4 Juta

"FBI dan NSA kini sedang merumuskan cara pencegahan serangan cyber yang masif ini," kata sumber dalam yang tidak mau disebutkan namanya.

Pertemuan tersebut penting dilakukan, mengingat ransomware WannaCry dikabarkan dibuat menggunakan tool yang dimiliki oleh badan intelijen AS itu sendiri.

Tool tersebut dicuri dan dibocorkan oleh kelompok hacker bernama Shadow Broker pada April lalu.

Celah keamanan yang dieksploitasi oleh WannaCry dikenal dengan istilah EternalBlue. Eksploitasi NSA inilah yang dibocorkan oleh kelompok hacker Shadow Broker, lalu kemudian dikembangkan menjadi ransomware.

WannaCry menginfeksi komputer lewat eksekusi remote code server message block (SMB) v1 di sistem operasi Microsoft Windows.

Sebelum dibocorkan oleh Shadow Broker, EternalBlue sudah sering dipakai oleh NSA untuk mengendalikan komputer sasaran dari jarak jauh. Eksploitasi ini bisa dipakai menyerang komputer yang menjalankan Windows XP hingga Windows Server 2012.

Baca: Intel AS di Balik Ransomware yang Menyerang Rumah Sakit Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com