Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/07/2017, 09:35 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Sebuah bocoran informasi yang diunggah ke dalam forum MIUI mengungkap bahwa pengembangan OS mobile Xiaomi, MIUI 9, sudah hampir selesai. Dengan itu, OS tersebut pun dikabarkan akan segera diluncurkan.

Bocoran tersebut tidak menyebutkan kapan tepatnya peluncuran akan terjadi. Namun, seorang Head of Department di Xiaomi yang tidak disebutkan namanya telah mengonfirmasi MIUI 9 bakal diluncurkan sebelum tanggal 16 Agustus 2017.

Selain persoalan tanggal, sebagaimana dilansir KompasTekno dari Android Authority, Senin (10/7/2017), belum diketahui dengan jelas fitur baru apa yang bakal disematkan dalam MIUI 9 ini.

Desas-desus yang beredar mengatakan bahwa MIUI bakal memiliki fitur split-screen. Lalu setelah Google merilis Android O menjelang akhir tahun nanti, Xiaomi berencana memasukkan fitur picture-in-picture pada MIUI 9.

Xiaomi juga bakal menyelipkan sejumlah modifikasi untuk memuluskan kinerja MIUI 9, memperbaiki bug dan mengembangkan fitur lain.

Sayangnya, hal tersebut masih berupa desas-desus yang belum mendapat konfirmasi dan bisa saja berubah. Untuk mengetahui kepastian mengenai fitur baru MIUI 9, pengguna masih harus bersabar menunggu pengumuman resminya.

Sebelumnya, Product Manager MIUI sempat menyebarkan screenshot yang menunjukkan salah satu tema antarmuka yang dibuat menggunakan MIUI.

Tema yang disebarkan melalui akun Weibo itu disebut-sebut oleh banyak orang sebagai teaser MIUI 9. Namun sebenarnya tidak demikian.

Informasi terbaru menyebutkan bahwa screenshot tersebut hanyalah tampilan salah satu tema MIUI dan disebarkan dengan tujuan menjaring masukan dari pengguna untuk diterapkan di MIUI 9.

Baca: Ini 14 Ponsel Xiaomi yang Kebagian Android Nougat

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com