Bos Amazon Sempat Jadi Orang Terkaya Dunia Selama Beberapa Jam - Kompas.com

Bos Amazon Sempat Jadi Orang Terkaya Dunia Selama Beberapa Jam

Oik Yusuf
Kompas.com - 28/07/2017, 07:29 WIB
CEO Amazon Jeff Bezospinterest CEO Amazon Jeff Bezos

KOMPAS.com - Kamis kemarin, harga saham Amazon mengalami kenaikan hingga mencapai nilai tertinggi. Nilai perusahaan e-commerce ini memang terus menanjak semenjak mengakuisisi Whole Foods pada 18 Juni lalu.

Naiknya harga saham Amazon turut mendongkrak nilai kekayaan Jeff Bezos, sang pendiri sekaligus CEO Amazon. Menurut estimasi, kekayaan Jeff Bezos menyentuh angka 90,9 miliar dollar AS atau sekitar Rp 1.211 triliun karena kenaikan harga saham itu.

Kekayaan Jeff Bezos sampai menyalip pendiri Microsoft Bill Gates (kekayaan 90,7 miliar dollar AS atau setara Rp 1.200 triliun) yang dikenal sebagai orang terkaya di dunia. Predikat itu pun beralih ke tangan Jeff Bezos.

Sayang, "gelar" Jeff Bezos hanya sementara. Beberapa jam setelah mengalami kenaikan, harga saham Amazon turun pada Kamis sore sehingga nilai kekayaan Jeff Bezos kembali berada di belakang Bill Gates.

Daftar Forbes kini menempatkan Jeff Bezos di urutan kedua orang terkaya dengan nilai kekayaan sebesar 88,7 miliar dollar AS, sementara Bill Gates memiliki harta senilai 89,8 miliar dollar AS. Begitupun dengan Bloomberg yang kembali menempatkan Jeff Bezos di belakang Bill Gates.

Sebagian besar kekayaan Jeff Bezos berasal dari kepemilikan saham Amazon. Dia menguasai 17 persen saham senilai 83 miliar dollar AS di Amazon sehingga nilai kekayaannya gampang terpengaruh oleh harga saham perusahaan tersebut.

Nilai pasar Amazon sendiri kini mencapai 513 miliar dollar AS. Selain Amazon, Jeff Bezos juga memiliki media The Washington Post dan perusahaan roket Blue Origins.

Baca: Istri Bill Gates Cari Nyamuk di Yogyakarta

Empat orang terkaya di dunia

Sebelum dinobatkan sebagai orang terkaya, Jeff Bezos terus menerus berada di belakang Bill Gates dalam soal pundi-pundi dollar. Bill Gates telah bercokol di urutan teratas tangga kekayaan sejak 2013.

Menurut informasi yang dirangkum KompasTekno dari Bloomberg, Jumat (28/7/2017), di awal 2017, Jeff Bezos merupakan orang terkaya keempat di dunia.

Kekayaan Jeff Bezos kemudian bertambah 24,5 miliar dollar AS sejak awal tahun sampai saat ini, sehingga menyalip Warren Buffet dan Amancio Ortega yang masing-masing duduk di urutan kedua dan ketiga.

Baca: Bill Gates Diperkirakan Jadi Triliuner Pertama di Dunia

PenulisOik Yusuf
EditorDeliusno
SumberBloomberg
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM