Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/08/2017, 00:14 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com - Samsung resmi merilis smartphone Galaxy Note 8 dalam sebuah acara peluncuran di kota New York, AS, Rabu (23/8/2017).

Oleh Samsung, Galaxy Note 8 dibekali dengan segudang hardware baru, bentuknya yang sama sekali berbeda dengan pendahulunya, dan sejumlah fitur unggulan.

Apa saja yang menjadi fitur dan hardware baru yang menjadi andalan Galaxy Note 8?

1. Kamera Ganda

Galaxy Note 8 oleh Samsung dibekali fitur kamera serba dual, yakni dual pixel, dual lens (wide dan tele), dan dual optical image stabilizer (OIS). Hebatnya lagi, dua kamera Galaxy Note 8 bisa digunakan mengambil foto sekaligus.

Foto yang ditangkap oleh kamera Galaxy Note 8 juga bisa diubah-ubah titik fokus dan kedalaman bidang (bokeh) foto. Pengguna bisa mengatur ingin fokus dimana, apakah obyek di latar depan atau belakang, serta tingkat blur yang bisa diubah-ubah.

“Foto yang ditangkap oleh kamera Galaxy Note 8 juga bisa diubah-ubah titik fokus dan bokeh (kedalaman bidang)-nya,” kata Denny Galant, Head of Product Marketing IT & Mobile Samsung Electronics saat berbincang dengan sejumlah wartawan dari Indonesia di New York, Rabu pagi.

“Pengguna bisa mengatur ingin fokus di mana, apakah obyek di latar depan atau belakang, serta tingkat blur yang bisa diubah-ubah,” imbuh Denny.

Fitur ini dikatakan Denny disebut dengan Live Focus, hasil peningkatan fitur Selective Focus yang telah dikenalkan Samsung di lini Galaxy premium sebelumnya.

2. Apps Pair

Samsung menambahkan fitur Apps Pair di Galaxy Note 8. Apps Pair berguna untuk memasangkan dan membuka dua aplikasi sekaligus. Aplikasi akan ditampilkan di layar secera bersamaan. Misalnya, membuka peramban Google Chrome dan peta Google Maps sekaligus.

Sebagai contoh, membuka aplikasi peramban Google Chrome sekaligus peta Google Maps, atau aplikasi browser dengan YouTube. kedua aplikasi akan menampilkan hasil pencarian dengan keyword yang sama.

3. S Pen baru

Samsung juga memberikan peningkatan untuk pena digital S Pen. Kini, ujung pena dibuat lebih kecil dan tajam. Aplikasi Air Command yang bisa dibuka oleh S Pen juga bertambah, dari 6 aplikasi menjadi 10 aplikasi.

Pengguna bisa memilih aplikasi apa saja yang bisa ditampilkan oleh Air Command yang diakses dengan cara mengetukkan S Pen di layar itu.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com