Video: Kesan Pertama Memegang Samsung Galaxy Note 8 - Kompas.com

Video: Kesan Pertama Memegang Samsung Galaxy Note 8

Reska K. Nistanto
Kompas.com - 24/08/2017, 10:00 WIB
Galaxy Note 8 dalam genggaman.Oik Yusuf/KOMPAS.com Galaxy Note 8 dalam genggaman.

NEW YORK, KOMPAS.com - Seusai peluncuran Galaxy Note 8, Samsung mengajak jurnalis dari berbagai media di seluruh dunia, termasuk Kompas.com ke experience area untuk merasakan langsung smartphone generasi terbaru Samsung ini.

Kesan pertama yang KompasTekno rasakan saat memegang bodi Galaxy Note 8 ini adalah mantap dalam genggaman. Hal ini didukung oleh bagian sisi-sisi yang membulat, layar Note 8 juga tidak melengkung, sehingga ujungnya enak menyentuh genggaman.

Bodi yang terbuat dari bahan logam aluminum dengan pelapis kaca membuatnya terasa lembut dan licin di tangan. Sensasi memegang punggungnya sama seperti saat mengusapkan jari di layar. Namun karena seluruhnya berlapis kaca, maka noda atau cap jari tangan mudah membekas.

Bodi Galaxy Note 8 dilengkapi dengan fitur IP68 yang membuatnya tahan air dan debu. terdapat empat pilihan warna, yakni midnight black, deep blue sea, mapple gold, dan orchid gray.

Layar Galaxy Note 8 sendiri berukuran 6,3 inci, ukuran layar terbesar yang pernah dibuat Samsung untuk lini Galaxy Note. Aspek rasionya juga menganut ukuran yang sama dengan Galaxy S8, yakni 18,5:9, memberikan aspek rasio yang sinematik.

Jika diperhatikan lebih detail lagi, ujung-ujung layar Galaxy Note 8, baik di bagian pojok atas maupun bawah, terlihat melengkung, tidak bersiku.

Beralih ke tombol-tombol, terdapat soft button tombol khas Android, Home, Back, dan Recent Apps di deretan bawah. Ukuran dan labelnya sangat kecil dan minimalis, membuat bidang pandang tidak terlalu terganggu.

Materi layar Super AMOLED yang digunakan Samsung membuat mengusap layar Galaxy Note 8 terasa lembut dan menyenangkan.

Menengok ke bagian belakang, untuk pertama kalinya Samsung kini menyematkan kamera ganda di punggung smartphone. Kamera ganda ini memiliki konfigurasi wide dan tele.

Lensa wide memiliki resolusi 12 megapiksel dengan focal length 26 mm dan bukaan lensa f/1,7. Sensor untuk kamera wide ini berukuran 1/2,55 inci.

Kamera ganda di Galaxy Note 8 berada di punggung smartphone, kombinasi lensa wide-tele dengan focal lenght masing-masing Reska K. Nistanto/KOMPAS.com Kamera ganda di Galaxy Note 8 berada di punggung smartphone, kombinasi lensa wide-tele dengan focal lenght masing-masing

Sementara untuk kamera tele, juga mengusung resolusi 12 megapiksel, sensor ukuran lebih kecil 1/3,4 inci, diafragma f/2,4, dengan focal length 52 mm. Artinya, sistem kamera wide-tele Galaxy Note 8 mengadopsi konfigurasi mirip iPhone 7 Plus, dengan perbedaan focal length 2x.

Bedanya, kedua lensa Galaxy Note 8 dibekali dengan sistem Optical Image Stabilizer (OIS), sementara iPhone 7 Plus hanya terdapat di lensa wide, lensa tele iPhone 7 Plus tidak dilengkapi OIS.

Kedua modul lensa kamera tersebut nampak rata dengan punggung smartphone, tidak menonjol, hanya dibedakan dengan aksen bingkai warna hitam.

Melongok sisi-sisi atas dan bawah, terdapat slot SIM Card dan Micro SD di sisi bagian atas. Slot SIM Card yang dimiliki ini adalah jenis hybrid, dimana pengguna bisa memasang kartu MicroSD atau kartu SIM, selain kartu SIM utama.

Sementara di sisi bawah, terdapat konektor USB Type C dan jack audio 3,5 mm. Penyimpan pena digital (stylus) S Pen juga berada di bagian bawah, paling kanan.

Untuk melihat lebih detail Galaxy Note 8, kunjungi galeri foto KompasTekno di tautan berikut ini.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisReska K. Nistanto
EditorReza Wahyudi
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM