Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Internet 4G XL Kini Hadir di Ujung Barat Indonesia

Kompas.com - 29/08/2017, 16:17 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - XL Axiata (XL) mengumumkan telah memperluas akses internet 4G di Nanggroe Aceh Darussalam (NAD). Perluasan akses tersebut menjangkau sejumlah kota dan kabupaten yang ada di sekitar NAD, bahkan hingga ujung barat kepulauan Indonesia, seperti Sabang dan Simeulue.

Pada hari ini, Selasa (29/8/2017), XL meresmikan pembukaan akses tersebut dengan cara melakukan video conference antara Sabang, Malang, Bogor dan Jakarta. Di Jakarta, video conference dilakukan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, sedangkan di Sabang oleh Menteri Pendidikan Muhajir Effendy.

“Sekarang 4G ini juga sudah sampai ke Sabang, dan kami akan teruskan memasang di daerah 3T (terdepan, terluar dan tertinggal). Kami juga akan teruskan perluasan 4G di berbagai kota besar lain,” terang VP LTE XL, Rahmadi Mulyohartono di sela acara Gerakan Donasi Kuota, di Graha XL, Jakarta, Selasa (29/8/2017).

Detilnya, kota dan kabupaten di NAD yang mendapatkan koneksi 4G Sabang, Banda Aceh, Kab. Aceh Besar, Kab. Pidie, Kab. Pidie Jaya, Kab. Bireuen, Lhokseumawe, Kab. Aceh Timur, Kab. Aceh Tengah, Kab. Aceh Barat Daya, Kab. Bener Meriah, , Kab. Aceh Tenggara, Subulussalam, dan Kabupaten Semeulue. Koneksi 4G di Aceh juga akan diperluas hingga pelosok seperti sepanjang Pantai Barat, Aceh Tengah dan Tenggara, hingga Singkil.

Baca: Internet Roaming XL Axiata, Rp 15.000 Sehari Tanpa Batas

Saat ini total ada lebih dari 60 base transceiver station (BTS) yang sudah beroperasi menopang koneksi 4G di NAD. Di Banda Aceh, yang merupakan pusat pemerintahan, ekonomi dan pendidikan, dipasang sekitar 33 unit BTS. Selanjutnya penambahan BTS akan dilakukan menyesuaikan peningkatan trafik layanan di setiap area.

“Saat ini 4G kami sudah menjangkau sekitar 336 kota dan kabupaten. Rencananya hingga akhir tahun nanti akan menambahnya hingga jadi 339 kota dan kabupaten,” terang Rahmadi.

“Selain itu akan dilakukan penambahan jangkauan 4G di masing-masing wilayah yang sudah mendapatnya. Perluasan jangkauan itu dengan cara penambahan BTS menjadi sekitar 17.000 unit,” imbuhnya.

Gerakan Donasi Kuota

Selain soal membuka akses 4G di Aceh, XL juga mengumumkan program corporate social responsibility (CSR) mereka, yakni Gerakan Donasi Kuota. Gerakan ini bertujuan untuk menggalang partisipasi pelanggan dalam upaya menyediakan akses internet untuk sekolah-sekolah di berbagai pelosok Indonesia.

Setiap kali pelanggan membeli paket data apapun di XL, maka perusahaan menyisihkannya untuk donasi ke masyarakat. Penyisihan kuota ini tidak akan memotong kuota yang dibeli pelanggan.

Namun jika pelanggan ingin mendonasikan kuotanya sendiri, bisa dilakukan dengan cara mengakses UMB *123*888#, kemudian memilih besar kuota yang didonasikan. Cara ini akan memotong kuota data milik pelanggan, dengan pilihan 50 MB, 100 MB, dan 150 MB.

Akumulasi donasi kuota tersebut akan dibagikan dalam bentuk sumbangan berupa untuk sekolah. Isinya berupa kuota data 20 GB per bulan selama setahun, kuota data 100 MB per bulan selama setahun untuk siswa, router dan komputer.

XL menarget agar dalam waktu setahun sudah bisa menyerahkan donasi kepada minimal 5.000 sekolah yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com