Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bayar Makanan di China Cukup Senyum di Depan Kamera

Kompas.com - 06/09/2017, 12:04 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Pelanggan sebuah restoran KFC di kota Hangzhou, China, kini cukup “tersenyum” saat ingin melakukan pembayaran. Ini karena resto yang bersangkutan telah menerapkan sistem Smile to Pay, alias teknologi pengenal wajah untuk melakukan pembayaran secara elektronik.

Cara membayar berbasis senyuman ini mudah saja. Pelangan cukup berdiri di depan sebuah kamera 3D dan tersenyum selama dua detik. Komputer kemudian akan menggunakan algoritma facial scanning untuk mengenali pengguna. Sebuah nomor telepon kemudian harus ikut dimasukkan untuk memastikan identitas.

Restoran yang menerapkan Smile to Pay di Hangzhou adalah KPRO, yakni outlet besutan KFC yang menyajikan makanan-makanan versi “lebih sehat”, macam salad, aneka jus, dan ayam panggang.

Perusahaan pembuat teknologi di balik Smile to Pay adalah Ant Financial, salah satu anak usaha Alibaba yang bekerjasama dengan KFC dalam hal pembayaran di restoran ini. Smile to Pay tersedia untuk pelanggan yang sudah memiliki akun di Alipay, platform pembayaran online milik Alibaba.

Baca: KFC di China Pekerjakan Pelayan Robot

Menurut Ant Financial, algoritma pengenal wajah di sistem Smile to Pay bisa mengenali bayangan dan ciri-ciri lain untuk mendeteksi apakah yang berada di depan kamera merupakan orang sungguhan atau bukan, misalnya sekadar foto atau video.

“Memindahkan teknologi pembayaran berbasis pengenal wajah ke ranah offline bukanlah hal mudah,” ujar kepala teknologi identifikasi biometrik Ant Financial, Jidong Chen, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Rabu (6/9/2017).

“Kami mencegah penipuan dengan menggabungkan software dan hardware dengan algoritma canggih berbasis kamera 3D. Dengan begini, biometric spoofing bisa dicegah,” imbuhnya. Demonstrasi cara kerja teknologi ini dapat disimak dalam tayangan video di tautan berikut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com