Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk, Jelajahi Planet Mars dari PC atau Gadget

Kompas.com - 22/10/2017, 07:56 WIB
Rizky Chandra Septania

Penulis

KOMPAS.com- Penjelajahan planet Mars selama ini mungkin hanya dapat dilakukan oleh astronot dan robot-robot yang dikirim oleh NASA.

Namun sekarang, siapapun bisa menjelajah planet ke empat dari galaksi Bima Sakti tersebut tanpa perlu menjadi astronot terlebih dahulu.

Caranya, cukup dengan membuka situs Access Mars melalui peramban di komputer desktop atau gadget. Proyek website khuses yang dibesut raksasa teknologi Google ini pun akan membawa Anda menjelajahi Planet Merah.

Access Mars menyajikan pemandangan 360 derajat dari Mars. Pengunjung bisa melihat ke segala arah dengan menggerakkan kursor atau headset virtual reality (VR).

Lanskap spektakuler yang diperlihatkan adalah hasil penggabungan gambar-gambar yang sebelumnya telah direkam oleh robot penjelajah Mars milik Nasa, Curiosity.

Dari pengalaman KompasTekno, penjelajahan dimulai dengan intro perjalanan menuju Mars. Mulai dari peluncuran roket, jarak tempuh, serta waktu yang dibutuhkan untuk mencapai planet yang jaraknya paling dekat dengan Bumi itu.

Saat masuk dalam mode penjelajah, pengguna akan menemukan beberapa checkpoint yang berisi informasi mengenai lokasi yang dikunjungi. Selain itu, ada juga fitur peta yang memungkinkan pengguna untuk menjelajah ke tempat yang lebih jauh di Mars seperti Marias Pass.

Informasi yang dihimpun KompasTekno dari Blog Google, Minggu (22/10/2017), menyebutkan bahwa, meski menggunakan teknologi virtual reality, penggunaan headset VR bukanlah hal yang wajib. Anda tetap dapat menikmati Access Mars melalui ponsel, PC, maupun tablet.

Sebagai Informasi tambahan, proyek ini dikerjakan oleh Google dengan menggandeng Laboratorium Propulsi Jet milik NASA dan dikategorikan sebagai eksperimen WebVR.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com