Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jerman Siapkan Kereta Api dengan Konsol Game dan Gym

Kompas.com - 18/11/2017, 08:10 WIB
Rizky Chandra Septania

Penulis

KOMPAS.com - Melakukan perjalanan dengan kereta api menjadi salah satu pilihan transportasi bagi masyarakat saat ini. Selain lebih murah dari segi harga, tempat duduk pada kereta api dinilai lebih longgar dan nyaman dibanding pesawat dengan kelas yang sama.

Sayangnya, melakukan perjalanan dengan kereta api memakan waktu yang lama. Meskipun penumpang dapat melihat pemandangan, menonton televisi, dan berjalan-jalan di dalam kereta, tetap saja penumpang mengalami perjalanan yang membosankan.

Melihat adanya masalah yang harus diselesaikan saat melakukan perjalanan dengan kereta api, perusahaan kereta api Jerman Deutsche Bahn berencana akan menciptakan Iddenzug. Jika diartikan, nama ini berarti kereta ide.

Iddenzug sendiri merupakan kereta api yang mengusung tema futuristik. Kereta ini bakal dilengkapi dengan konsol game, televisi, gym, dan tempat bermain anak untuk mendukung kenyamanan penumpang.

Dirangkum KompasTekno dari Engadget, replika Iddenzug saat ini tengah dipamerkan oleh Deutsche Bahn di sebuah aula yang terletak di Oberursel, Frankfurt.

Meski cukup brilian, kenyamanan kereta saja tidaklah cukup untuk membuat moda tersebut layak untuk beroperasi. Karena sebelum diluncurkan, kereta api harus terlebih dahulu lolos dalam uji teknis, khususnya aspek keamanan.

Untuk perangkat game sepertinya tidak ada masalah namun peralatan olahraga yang bakal menjadi perhatian dalam keamanan penggunaanya.


Ide ini mendapat respon dari Kelompok Pengguna Transportasi German (Verkehrsclub Deutschland-VCD). Melalui perwakilannya, VCD menyatakan bahwa inovasi tersebut sebaiknya dilakukan dengan mempertimbangkan dampak ekologis.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com