iPhone X Versi Resmi Dijual Rp 29 Juta di Brasil - Kompas.com

iPhone X Versi Resmi Dijual Rp 29 Juta di Brasil

Rizky Chandra Septania
Kompas.com - 28/11/2017, 12:13 WIB
Kemasan penjualan iPhone XYoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.com Kemasan penjualan iPhone X

KOMPAS.com - Apple bakal memulai penjualan iPhone X (iPhone ten) di kawasan Amerika Selatan pada awal Desember mendatang. Brasil, Kolombia, dan Chili tercatat bakal kebagian iPhone X secara resmi. 

Ada yang menarik dari kisah penjualan iPhone X di Brasil. Ponsel terbaru Apple ini akan dibanderol dengan harga 2.170 dollar AS (Rp 29,3 juta). Dua kali lipat dari harga iPhone X di negara asalnya yang hanya dibanderol 999 dolar AS (Rp 13,5 juta).

Harga yang terbilang cukup tinggi ini tentunya membuat orang terheran-heran. Pasalnya, harga "standar" iPhone X saja sudah dianggap sangat mahal.

Apa yang menyebabkan iPhone X dibanderol dengan harga yang fantastis di negeri Samba?

Melonjaknya Harga iPhone X di Brasil karena tingginya bea impor yang ditetapkan oleh pemerintah setempat. Selain itu, Brasil juga memiliki undang-undang tenaga kerja yang lebih ketat sehingga berpengaruh pada harga iPhone X.

iPhone X bakal rilis resmi di Brasil pada tanggal 8 Desember 2017. Produk ini dapat dibeli di dua Apple Store yang terletak di Village Mall, Rio de Janeiro dan pusat perbelanjaan Morumbi di Sao Paulo.

Kabarnya, iPhone X juga bakal dijual dalam jumlah terbatas, seperti dihimpun KompasTekno dari Macrumors, Selasa (28/11/2017).

Perbandingan harga iPhone X

Sebagai informasi tambahan, perbedaan harga jual iPhone X bukan hanya terjadi di Brasil. Banderol harga iPhone tanpa tombol Home ini memang berbeda di setiap negara.

Meski demikian, harganya produk tersebut berkisar pada 1.000-1.300 dolar AS (sekitar Rp 13,5 juta - 17,5 juta) untuk versi 64 GB. Tidak sefantastis harga di Brasil.

Perbandingan Harga iPhone X di berbagai NegaraBussines Insider Perbandingan Harga iPhone X di berbagai Negara

Rusia sebagai salah satu negara gelombang pertama yang merasakan kecanggihan iPhone X menjual produk tersebut dengan harga sekitar 1.390 dollar AS (Rp 18,7 juta). Sedangkan di Jepang, iPhone X dibanderol dengan harga 112.800 yen atau sekitar 13,5 Rp juta.

Baca juga : Membandingkan Harga iPhone X di Tiga Tetangga Indonesia

Selain Rusia dan Jepang, perbedaan juga tercatat di beberapa negara lain seperti Uni Eropa, Inggris, Meksiko, China, Australia, Uni Emirat Arab, Hongkong, dan Kanada.

Perbedaan harga tersebut disebabkan oleh tarif impor dan kebijakan pajak yang berbeda di setiap negara. Selain itu, nilai tukar mata uang negara setempat terhadap dollar AS juga berpengaruh dengan penetapan harga iPhone X.

PenulisRizky Chandra Septania
EditorReza Wahyudi

Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM