Sudah Diperbaiki, Keyboard iOS 11 Masih Bermasalah - Kompas.com

Sudah Diperbaiki, Keyboard iOS 11 Masih Bermasalah

Fatimah Kartini Bohang
Kompas.com - 28/11/2017, 19:11 WIB
iOS 11Apple iOS 11

KOMPAS.com - Sistem operasi yang baru dirilis biasanya belum stabil dan masih menyimpan bug. Namun iOS 11 bisa dibilang sebagai salah satu sistem operasi yang paling banyak dilaporkan bermasalah.

Apple berupaya mengatasinya dengan merilis pembaruan minor setiap pekan. Dua pekan lalu, Apple pun mengeluarkan update iOS 11.1.1 yang menumpas bug pada keyboard-nya.

Kala itu, perbaikan otomatis alias autocorrect pada keyboard iOS 11 dilaporkan selalu mengganti “i” dengan sebuah ikon aneh. Setelah diperbaiki dengan merilis iOS 11.1.2, muncul masalah keyboard serupa.

Bukan lagi autocorrect “i” yang dikeluhkan, namun autocorrect untuk kata “it” yang kerap menjadi “I.T”. Ada pula yang mengatakan autocorrect “is” acap kali menjadi “I.S”.

Baca juga : Apple Perbaiki ?Bug? Salah Ketik Menyebalkan di iOS 11

Masalah ini dilaporkan beberapa pengguna iPhone dan iPad di berbagai forum online, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Selasa (28/11/2017), dari PhoneArena.

Langkah pertama yang banyak dilakukan adalah me-reboot perangkat, namun ternyata tak juga menolong. Sembari menunggu update iOS 11 berikutnya dari Apple, ada cara yang bisa diupayakan jika Anda mengalami masalah ini.

Buka Settings > General > Keyboard > Text Replacement dan ganti “it” menjadi frasa dan shortcut. Langkah serupa bisa pula dilakukan untuk kata “is” atau kata apa saja yang autocorrect-nya bermasalah.

Kalau tak juga berhasil, Anda bisa serta-merta mematikan opsi autocorrect dengan bertandang ke Settings > General > Keyboard. Gulir toggle ke kiri untuk mematikan autocorrect, dan aktifkan lagi ketika Apple telah memperbaiki bug-nya.

PenulisFatimah Kartini Bohang
EditorReska K. Nistanto
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM