Oppo F5 Youth Resmi Dijual di Indonesia, Harganya? - Kompas.com

Oppo F5 Youth Resmi Dijual di Indonesia, Harganya?

Fatimah Kartini Bohang
Kompas.com - 30/11/2017, 15:20 WIB
Oppo F5 YouthOppo Oppo F5 Youth

KOMPAS.com - Oppo F5 Youth akhirnya hadir di Indonesia, menyasar anak muda yang mendambakan hasil selfie mumpuni. Varian “Youth” sendiri melengkapi Oppo F5 reguler yang dirilis beberapa pekan lalu, namun dengan harga yang lebih terjangkau.

Sama seperti varian orisinilnya, Oppo F5 Youth juga mengandalkan kamera selfie yang dilengkapi kecerdasan buatan atau diistilahkan “AI Beauty Recognition Technology”. Fitur ini diklaim meningkatkan hasil selfie, namun tetap terlihat nyata dan natural.

Hal ini dimungkinkan pendeteksian lebih dari 200 titik pada wajah yang mampu mengidentifikasi jenis wajah, kulit, kelamin, hingga usia. Selanjutnya akan dicocokan dengan database global untuk personalisasi hasil selfie.

Lantas, apa bedanya varian Youth dengan orisinil? Ditilik dari harga, Oppo F5 Youth dijual dengan harga lebih terjangkau yakni Rp 3,6 juta, sebagaimana tertera pada keterangan pers yang diterima KompasTekno, Kamis (30/11/2017).

Dari segi spesifikasi pun ada beberapa perbedaan antara Oppo F5 dan Oppo F5 Youth, baik dari segi kamera, kapasitas RAM, dan memori. Oppo F5 diketahui mengandalkan kamera selfie dan kamera belakang masing-masing 20 megapiksel dan 16 megapiksel.

Pada Oppo F5 Youth, ukuran megapikselnya diturunkan. Kamera selfie menjadi 16 megapiksel, sementara kamera belakang untuk menjepret lanskap dianggap cukup dengan sensor berkualitas 13 megapiksel. Bukaannya masing-masing secara berurutan F/2.0 dan F/2.2.

Baca juga : Lebih Dekat dengan Oppo F5

“Kamera Oppo F5 Youth juga mendukung efek bokeh dan optimalisasi HDR,” begitu tertera pada keterangan pers.

Kapasitas RAM dan memori Oppo F5 Youth sedikit lebih kerdil, yakni 3 GB/32 GB. Jika memori dirasa kurang cukup, bisa memanfaatkan slot microSD yang tersedia hingga 256 GB.

Oppo F5 Youth dilengkapi pula dengan fitur Facial Unlock untuk membuka perangkat dengan waktu respons cepat 0,4 detik. Selain itu untuk keamanan perangkat, OPPO juga menyematkan sensor sidik jari pada bagian belakang.

OPPO F5 youth menggunakan sistem antarmuka ColorOS 3.2 yang lebih gegas dan hemat energi dipadukan dengan CPU Octa-Core Helio P23 dengan fabrikasi 16nm. Spesifikasi ini disebut menghasilkan kenaikan kinerja 20 persen dan pengiritan daya 10 persen.

Lini untuk generasi millenial ini sekaligus memperkenalkan fitur berbagi antar perangkat Oppo bertajuk “O-Share”. Kecepatan transfer digadang-gadang hingga 100 kali lebih andal dibandingkan berbagi dengan bluethooth 4.2.

Sebagai contoh, 10 gambar dengan besaran file masing–masing 3 MB dapat dipindahkan antar-ponsel Oppo dalam waktu 1 detik. Fitur Do Not Disturb pada mode game juga mempermudah pengguna untuk menerima panggilan telepon tanpa menganggu permainan.

Menyematkan baterai 3.200 mAh dan didukung optimasi ColorOS 3.2, Oppo F5 Youth diklaim mampu bertahan selama 12 jam terus-menerus dengan pemakaian normal sehari-hari. Varian ini sudah bisa dibeli di gerai-gerai resmi Oppo dalam warna Black dan Gold.

PenulisFatimah Kartini Bohang
EditorReska K. Nistanto
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM