Google Assistant Hadir di Ponsel Android Lawas - Kompas.com

Google Assistant Hadir di Ponsel Android Lawas

Kompas.com - 15/12/2017, 07:15 WIB
Menekan tombol Home beberapa lama akan memunculkan asisten pribadi, Google Assistant.Arstechnica.com Menekan tombol Home beberapa lama akan memunculkan asisten pribadi, Google Assistant.

KOMPAS.com - Aplikasi asisten digital buatan Google, yakni Google Assistant mulai hadir di smartphone Android lawas. Jika sebelumnya Google Assistant hanya bisa dipakai di smartphone dengan OS Android mutakhir, maka kini smartphone dengan OS Android lawas juga bisa menggunakan Google Assistant.

Perangkat dengan OS Android 5.0 Lollipop ke atas, seperti Samsung Galaxy Note 3, Xperia Z1 atau Asus Zenfone 2 sudah bisa digunakan untuk mengakses Google Assistant. Pembaruan Google Asisstant juga akan dilakukan untuk tablet yang berjalan dengan OS Android 7.0 Nougat dan 6.0 Marshmallow.

Sayangnya, Google Assistant di Android lawas baru merambah di beberapa negara saja.
Negara-negara tersebut ialah Amerika Serikat, Inggris, Australia, Singapura, dan Kanada.
Untuk perangkat yang diatur dalam bahasa Spanyol di Amerika Serikat, Meksiko, dan Spanyol juga akan mendapat pembaruan Google Asisstant ini.

Baca juga: Aplikasi Google Assistant Kini Bisa Bahasa Indonesia

Negara lain dikabarkan akan menyusul untuk mendapat pembaruan di Android lawasnya, seperti Jepang, Jerman, Brasil, Italia dan Korea Selatan.

Dihimpun KompasTekno dari Mobile Syrup, Jumat (15/12/2017), Google belum menyebut nama Indonesia dalam daftarnya. Namun perlu diketahui, Google Assistant untuk penggunaan dalam Bahasa Indonesia baru resmi diluncurkan Agustus 2017 lalu.

Android Lollipop sendiri dirilis pada 2014 silam. Menurut data distribusi Android dari Google, sebanyak 26 persen smartphone masih menggunakan Android Lollipop dan 30 persen menggunakan Android Marshmallow.

Sebelumnya, Google Assistant hanya didukung oleh smartphone dengan OS Android 6.0 ke atas. Google Assistant bisa diaktifkan melalui aplikasi Google di smartphone, lalu pilih Menu (garis tiga bertumpuk), dan pilih Settings. Di bagian "Google Asistant" ketuk Settings > Turn on.

Setelah diaktifkan, pengguna bisa memulai percakapan atau mengajukan pertanyaan dengan berkata "OK Google" atau "Hey Google".


EditorReska K. Nistanto
Komentar
Close Ads X