Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

YouTuber Ubah Mobil Antik Jadi Mouse Komputer

Kompas.com - 23/02/2018, 11:21 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber TNW

KOMPAS.com - Simone Giertz dikenal sebagai YouTuber yang gemar bereksperimen dengan aneka robot buatan sendiri. Salah satu kreasi terbarunya adalah mobil yang disulap menjadi sebuah mouse raksasa.

Gietrz mengerjakan proyek “mouse mobil” itu lewat kolaborasi dengan sesama YouTuber yang juga gemar mengoprek aneka macam benda, William Osman. Subyek mereka adalah mobil antik ComutaCar buatan tahun 80-an. Mobil ini bertenaga listrik dan bisa memuat dua orang.

Sebuah mouse optik sungguhan dipasang di bumper mobil. Namun, karena mouse sebenarnya hanya bisa bekerja dalam jarak beberapa milimeter dari permukaan benda, perangkat tersebut harus dipasangi lensa tambahan agar mampu bekerja sesuai tinggi mobil.

Kabel Mouse tersambung ke sebuah platform elektronik Arduino Pro Micro lewat sebuah kabel PS/2 (kabel tipe lama yang sudah digantikan USB). Sebuah magnetometer digunakan untuk mengetahui orientasi mobil.

Baca juga: Mengapa Kursor Mouse Miring?

Dengan demikian, “mouse mobil” bikinan Giertz dan Osman bisa benar-benar menggerakkan kursor komputer. Untuk melakukan aksi “klik”, Giertz harus menekan klakson sebagai ganti tombol mouse.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Next Web, Jumat (23/2/2018), duo YouTuber itu mencoba barang ciptaannya di sebuah lapangan luas dan berhasil memakai sang “mouse mobil” untuk mengetik e-mail, satu huruf demi satu huruf di papan ketik virtual.

Video selengkapnya yang berjudul; “Turning a Car Into a Computer Mouse" bisa disimak di kanal YouTube  Simone’s Robots di tautan berikut

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber TNW


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com