Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone X Bakal Diproduksi Lagi Berkat Samsung

Kompas.com - 23/11/2018, 11:13 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat merilis trio iPhone 2018, Apple turut mengumumkan penyetopan empat varian iPhone yang telah dirilis sebelumnya.

Keempatnya adalah iPhone 6, iPhone 6s, iPhone SE, dan iPhone X. Hal ini cukup aneh untuk iPhone X, mengingat usianya baru sekitar satu tahun di pasaran.

Namun, kabar terbaru menyebut bahwa perusahaan asal Cupertino, AS itu akan melanjutkan produksi iPhone X yang debut pada 2017 lalu.

Keputusan untuk melanjutkan kembali produksi iPhone X dikarenakan perjanjian yang dibuat dengan Samsung, untuk membeli sejumlah panel OLED.

iPhone dengan model OLED tahun ini diestimasi tidak memenuhi target penjualan yang dibutuhkan dan memenuhi kesepakatan dengan Samsung. Model iPhone yang menggunakan OLED tahun ini adalah iPhone X dan XS, sementara iPhone XR mengadopsi panel LCD.

Baca juga: Apple Setop Penjualan 4 Varian iPhone

Maka dari itu, melanjutkan produksi iPhone X yang baru berusia setahun, menjadi alternatif Apple untuk memenuhi kesepakatan tersebut. Sebab, ongkos produksi dan komponen iPhone X lebih murah dibanding iPhone XS dan XS Max.

Lesunya penjualan iPhone XS, XS Max, dan iPhone XR turut berimbas ke sejumlah pemasok Apple. Dilansir KompasTekno dari Android Authority, Jumat (23/11/2018), Apple dikabarkan meminta para pemasok untuk menekan ekspektasi pesanan iPhone XR.

Apple juga disebut meminta tiga pemasok berbeda untuk mengurangi atau memangkas lini produksi untuk iPhone XR, karena keseluruhan penjualan di musim liburan diprediksi akan lebih rendah dari target.

Baca juga: Apple Pangkas Produksi iPhone XS dan iPhone XR?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com