Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppo Punya Ponsel Baru dengan Kamera Menyembul, Mirip Vivo Nex?

Kompas.com - 01/02/2019, 10:11 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Sebuah foto yang menampakkan wujud ponsel baru Oppo disebar oleh pembocor gadget Ishan Agarwal di internet. Foto tersebut memperlihatkan desain kamera menyembul, layaknya desain kamera Vivo Nex.

Belum diketahui pasti apakah foto adalah Oppo R19 atau Oppo F11, yang kemungkinan juga akan meluncur dalam waktu dekat.

Tapi melihat tebal bingkai (bezel) di tepi layar, kemungkinan besar smartphone ini adalah Oppo F11. Sebab, seri Oppo R17 yang sudah meluncur memiliki bingkai yang lebih tipis dibanding smartphone dalam foto tersebut.

Sehingga kemungkinan, Oppo R19 mendatang akan memiliki bingkai yang lebih tipis atau setidaknya sama dengan Oppo R17.

Apalagi, dalam foto tersebut tampak sensor sidik jari di punggung kamera, sementara R17 sudah mengadopsi teknologi sensor in-display fingerprint.

Baca juga: Tanda-tanda Oppo F11 Bakal Segera Meluncur di Indonesia

Hal menarik lainnya dari foto tersebut adalah penampakan kamera selfie pop-up seperti yang diadopsi  oleh Vivo Nex. Bedanya, kamera pop-up itu muncul dari tengah, bukan dari tepi kanan seperti Vivo Nex.

Dengan mekanisme pop-up, modul kamera tidak harus bertumpu pada notch atau lubang kamera, seperti yang disematkan Samsung. Tidak ada informasi lanjut tentang kamera selfie pop-up tersebut.

Oppo saat ini memang tengah mengembangkan teknologi "kamera periskop". Oppo sesumbar bahwa teknologi tersebut memiliki zoom optik hingga 10x dengan jangkauan fokal lensa 15,9-159 mm.

Penampakan smartphone misterius OppoGSM Arena Penampakan smartphone misterius Oppo

Dilansir KompasTekno dari GSM Arena, Jumat (1/2/2019), dari bocoran gambar tersebut terlihat bahwa smartphone misterius Oppo ini akan berjalan dengan sistem operasi Android 9.0 Pie, dilapisi antarmuka ColorOD 6.0.

Baca juga: Beda Kamera Geser Xiaomi Mi Mix 3 dengan Oppo Find X dan ViVo Nex

Selain penampakan kamera pop-up, di bagian punggung juga tersemat panel pemindai sidik jari yang membulat di tengah. Terlihat pula modul kamera ganda di belakang, ditemani LED flash yang tersusun secara vertikal.

Banyak informasi yang sengaja disensor, termasuk hardware dan jumlah laci untuk wadah kartu SIM. Karena sifatnya masih bocoran, kemungkinan perubahan desain atau sektor masih bisa terjadi.

Apakah smartphone misterius ini benar-benar Oppo F11 atau Oppo R19, patut ditunggu hingga tanggal peluncurannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com