Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chip Snapdragon 712 Meluncur, Apa Hebatnya?

Kompas.com - 08/02/2019, 14:01 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber 9to5Google

KOMPAS.com - Qualcomm merilis Snapdragon 712 anyar sebagai suksesor dari Snapdragon 710. Chipset tersebut dibangun dengan arsitektur 10nm dan dirancang untuk smartphone kelas menengah ke atas.

Performanya dijanjikan meningkat 10 persen ketimbang sang pendahulu. Hal ini berkat delapan inti Kyro 360 yang dipasang dengan kecepatan clock lebih mumpuni, dari 2.2GHz menjadi 2.3GHz.

Selain performa secara keseluruhan, audio Bluetooth pun diklaim lebih mantap. Pasalnya, Qualcomm menancapkan teinologi TrueWireless Stereo Plus dan Broadcast Audio ke Snapdragon 712.

Snapdragon 712 juga sudah dilengkapi teknologi Quick Charge 4+, yang memungkinkan pengisian daya lebih cepat, baterai tahan lama, serta smartphone anti-panas.

Baca juga: Redmi Akan Rilis Ponsel Flagship dengan Snapdragon 855

Vendor yang hendak membuat smartphone dengan kamera ganda hingga 20 megapiksel, atau kamera tunggal hingga 32 megapiksel, bisa mengandalkan Snapdragon 712, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Jumat (8/2/2019), dari 9to5Google.

Spesifikasi lain dari Snapdragon 712 masih relatif sama dengan sang pendahulu. Di antaranya GPU Adreno 616 untuk grafis, serta dukungan modem Snpadragon X15 LTE Cat. 15/Cat. 13 dengan kecepatan maksimal 800 Mbps/150 Mbps.

Diketahui, Snapdragon seri 700 dibuat untuk menjembatan seri 800 yang menyasar flagship dan 600 yang menyasar segmen budget. Snapdragon 700 menjanjikan performa mantap untuk lini-lini kelas menengah ke atas.

Belum jelas smartphone apa saja yang bakal ditenagai Snapdragon 712. Yang jelas, seri menengah akan selalu banyak di pasaran, sehingga chipset ini digadang-gadang akan banyak beredar sepanjang 2019.

Jangan lupa follow Twitter KompasTekno dan Facebook KompasTekno untuk mendapatkan berita-berita terbaru. Tak ketinggalan juga subscribe channel YouTube KompasTekno untuk menonton video-video seru seputar teknologi.

Baca juga: CEO Apple Tuding Qualcomm Sebar Hoaks

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com