Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Opera GX, Browser Khusus untuk Gamer

Kompas.com - 12/06/2019, 20:03 WIB
Yudha Pratomo,
Fatimah Kartini Bohang

Tim Redaksi

Sumber ZDNet

KOMPAS.com - Perusahaan teknologi Opera Software mengumumkan layanan browser terbaru yang dirancang khusus untuk para pemain game online. Bertajuk "Opera GX", browser ini dilengkapi beberapa fitur yang tidak ditemui pada browser Opera standar.

Salah satunya adalah "GX Control Panel", yakni fitur untuk membatasi akses browser ke sumber daya komputer seperti CPU (prosesor) dan RAM (memori). Tujuannya agar browser tidak menyedot banyak kapasitas RAM dan CPU saat digunakan.

Dengan demikian, para pemain dapat menggunakan Opera GX bersamaan dengan game online atau aplikasi lainnya yang menyedot lebih banyak sumber daya.

"Menjalankan game membutuhkan banyak usaha dari mesin Anda. Terlebih lagi jika Anda melakukan streaming saat bermain," kata Maciej Kocemba, Direktur Produk Opera GX.

Baca juga: Browser Opera Terbaru Punya Dompet Digital dan Dukung Web 3.0

"Sebelum ada Opera GX, gamer seringkali mematikan browser mereka agar tidak lambat ketika bermain game. Fitur GX Control dapat membuat game berjalan lebih lancar tanpa mengharuskan mereka untuk membatasi apa yang mereka lakukan di web," lanjutnya.

Dikutip KompasTekno dari ZDnet, Rabu (12/6/2019), selain fitur GX Control Panel, browser Opera GX juga dapat terintegrasi langsung dengan jejaring sosial khusus gaming, Twitch.

Artinya, pengguna bakal lebih mudah masuk ke akun Twitch mereka lewat menu navigasi pada bilah di sisi browser. Tak hanya Twitch, pengguna pun bisa masuk ke akun Facebook, WhatsApp, dan Telegram melalui bilah yang sama.

Bukan hanya soal fitur, Opera turut memerhatikan tampilan yang tersaji pada browser teranyarnya. Opera GX memiliki desain tampilan dengan konsep neon yang sangat identik dengan pecinta game.

Baca juga: Opera Browser Sediakan VPN Gratis untuk Pengguna Android

Selain tampilan, Opera GX juga membawa sejumlah efek suara yang terinsiparsi dari video game.

Secara keseluruhan, Opera GX juga membawa fitur yang dimiliki browser Opera biasa. Opera GX memiliki fitur VPN hingga pemblokir iklan.

Sayangnya untuk saat ini, Opera GX baru tersedia untuk pengguna Windows. Bagi yang ingin mencoba browser ini, bisa mengunduhnya melalui tautan berikut ini. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com