Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Siapkan Rp 6,8 Triliun untuk Bangun Pabrik di India

Kompas.com - 21/01/2020, 10:06 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Reuters

KOMPAS.com - Pabrikan elektronik asal Korea Selatan, Samsung, berencana untuk mengucurkan investasi sebesar 500 juta dollar AS (Rp 6,8 triliun) untuk membangun pabrik panel layar di India.

Hal tersebut diketahui dari berkas dokumen yang diajukan oleh Samsung ke regulator setempat di India, awal Januari ini.

Pabrik baru yang disebut bernaung di bawah nama Samsung Display tersebut nantinya bakal dimanfaatkan untuk membuat panel yang membekali aneka perangkat elektronik bikinan Samsung di India, misalnya smartphone atau TV.

Baca juga: Pabrik Tutup, Samsung Bagi-bagi Galaxy S10 Plus Gratis untuk Karyawan

Di dalam dokumen, Samsung juga memaparkan bahwa pihaknya telah mengalokasikan sejumlah lahan untuk memperluas pabriknya yang telah berdiri di kawasan Noida di pinggiran kota New Delhi

Meski demikian, pihak Samsung belum memberikan komentar resmi berikut rincian lengkap terkait rencana pembangunan pabrik panel display itu.

Pabrik Samsung sebelumnya di kawasan industri Noida sudah memproduksi smartphone sejak tahu 2018. 

Keberadaan pabrik baru nantinya diperkirakan bisa menekan harga panel display, yang merupakan elemen paling mahal dari sebuah smartphone, setidaknya untuk pasaran India.

Baca juga: Pabrik iPhone Rekondisi di Tangerang Digerebek Polisi

Samsung sendiri sempat menjadi pabrikan smartphone nomor satu di India. Tapi belakangan posisinya tergeser oleh Xiaomi yang kini duduk di urutan pertama.

Pangsa pasar Samsung di India juga digerogoti pemain-pemain lain asal China, seperti Realme dan Vivo, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Reuters, Selasa (21/1/2020).

Data firma riset Counterpoint menunjukkan pangsa pasar Samsung di India pada kuartal ketiga 2019 berada di kisaran 20 persen, turun dari 25 persen tiga bulan sebelumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com