Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pameran Tokyo Game Show 2020 Resmi Dibatalkan

Kompas.com - 09/05/2020, 10:40 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 kembali melumpuhkan perhelatan akbar game skala internasional. Setelah pameran Electronic Entertainment Expo (E3), kini giliran ajang eksibisi game tahunan Tokyo Game Show (TGS) yang batal digelar.

Pengumuman tersebut disampaikan oleh pihak penyelenggara TGS, yakni Computer Entertainment Supplier's Associaction (CESA) dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Sabtu (9/5/2020).

"TGS 2020, yang biasanya digelar di Makuhari Messe (Chiba, Jepang), resmi dibatalkan," kata CESA.

"Karena wabah Covid-19 di seluruh dunia dan kondisi yang belum pasti di Jepang, para mitra dan penyelenggara telah sepakat (membatalkan TGS) demi memprioritaskan kesehatan dan keamanan seluruh pihak," imbuh mereka.

Baca juga: Pengunjung TGS 2019 Rela Antre untuk Menjajal Final Fantasy VII Remake

Kendati tak ada acara fisik, pihak CESA bakal mengubah format TGS tahun ini menjadi pameran daring (online).

Waktu pelaksanaan TGS 2020 sendiri disebut bakal tetap sesuai rencana, yakni akan digelar selama empat hari mulai dari 24 September hingga 27 September mendatang.

Namun, belum diketahui secara pasti bagaimana mekanisme TGS 2020 yang nantinya akan digelar secara virtual ini.

Yang jelas, pengumuman lebih lanjut terkait perhelatan game tersebut bakal disampaikan mulai akhir Mei mendatang di situs resmi yang bisa diakses di tautan berikut.

Sebagai informasi, ajang TGS sendiri biasanya dimanfaatkan oleh para pengembang (developer) game untuk memamerkan beberapa judul game teranyar bikinan mereka.

Baca juga: Mengintip Suasana Tokyo Game Show 2019

Thumbnail Tech Trip Volume 2KOMPAS.com/ LULU CINANTYA MAHENDRA Thumbnail Tech Trip Volume 2
Tahun 2019 lalu, perhelatan tersebut diikuti oleh sekitar 655 developer game dari 40 negara di seluruh dunia. KompasTekno juga berkesempatan meliput Tokyo Game Show 2019, simak artikel-artikelnya di tautan ini dan liputan video di tautan ini.

Sebagian besar yang berpartisipasi adalah nama-nama yang sudah akrab di telinga para gamer, seperti Bandai Namco, Square Enix, Capcom, Konami, dan lain sebagainya.

Adapun jumlah game yang dipamerkan tercatat mencapai 1.522 game. Ribuan game tersebut berasal dari beragam platform mulai dari PC, konsol game seperti PlayStation 4, Nintendo Switch, hingga aneka game mobile (Android & iOS).

Baca juga: Pameran Game Terbesar Dunia E3 Batal akibat Virus Corona

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com