Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelanggan Indosat Kini Bisa Nikmati Layanan VoLTE

Kompas.com - 28/09/2020, 13:02 WIB
Putri Zakia Salsabila ,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Operator seluler Indosat Ooredoo resmi menggelar layanan telepon Voice over LTE (VoLTE) untuk para pelanggan. Teknologi VoLTE ini diklaim bisa digunakan untuk menelepon dengan suara yang lebih jernih dengan kualitas “HD voice”.

Dengan demikian, hampir seluruh operator seluler di Indonesia kini telah memiliki layanan VoLTE, setelah Telkomsel, Smartfren, dan XL Axiata telah lebih dahulu meluncurkan layanan ini.

VoLTE atau Voice over LTE adalah layanan yang memungkinkan pengguna smartphone untuk melakukan panggilan suara di jaringan berbasis 4G-LTE.

Baca juga: Daftar Ponsel yang Bisa Menelepon VoLTE

Mulai Senin (28/9/2020), layanan VoLTE Indosat Ooredoo sudah bisa digunakan oleh para pelanggan di lebih dari 30 kota di Indonesia, dan akan terus bertambah di berbagai wilayah lainnya. Indosat tidak merinci kota-kota mana saja yang kebagian layanan VoLTE ini.

Untuk menikmati layanan VoLTE, pelanggan wajib menggunakan kartu SIM 4g di smartphone yang juga telah mendukung VoLTE. Tentunya juga selama pelanggan berada di wilayah yang terjangkau layanan VoLTE ini.

Chief Marketing Officer Indosat Ooredoo, Ritesh Kumar Singh mengatakan, dengan layanan ini pengguna Indosat dapat menikmati kegiatan mengobrol melalui saluran telepon di masa pandemi Covid-19, apalagi masyarakat harus tetap di rumah dan menjaga jarak.

Baca juga: Telkomsel Perluas Cakupan Layanan VoLTE ke Bogor dan Sidoarjo

"Kami berharap layanan ini akan membantu masyarakat Indonesia lebih cepat menerapkan adaptasi kebiasaan baru dan tetap menjaga kesehatan bersama,” ujar Ritesh melalui siaran resmi yang diterima KompasTekno Senin (28/9/2020).

Selain memberikan kualitas HD Voice, layanan VoLTE juga memungkinkan pengguna bisa tetap streaming atau bermain game, meskipun ada panggilan seluler masuk.

Telepon masuk juga diklaim dapat tersambung lebih cepat dibandingkan telepon seluler tradisional. Pelanggan juga dapat beralih dari panggilan suara ke panggilan video ataupun sebaliknya dengan mudah tanpa harus menutup telepon terlebih dahulu.

Baca juga: XL Mulai Gelar Layanan Voice over LTE di Jakarta dan Medan

Pada peluncuran layanan VoLTE ini, Indosat Ooredoo bekerja sama dengan produsen smartphone seperti Huawei, Oppo, Samsung, Vivo, Xiaomi, serta chipset manufacture seperti Qualcomm dan MediaTek.

Kolaborasi bersama ini bertujuan untuk memastikan perangkat yang telah mendukung teknologi VoLTE dapat bekerja dengan baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com