Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Channel TV dan Platform Streaming Resmi untuk Nonton Piala Dunia 2022

Kompas.com - Diperbarui 20/11/2022, 19:30 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Piala Dunia 2022 di Qatar akan berlangsung pada Minggu besok, 20 November 2022, mulai 23.00 WIB. Kompetisi akbar sepak bola antar negara tersebut akan dibuka dengan pertandingan melawan tuan rumah Qatar melawan Ekuador di Stadion Al Bayt.

Dalam rangka menyambut ajang empat tahun sekali ini, lantas di mana nonton Piala Dunia 2022? Untuk menontonnya secara resmi, dapat dilakukan melalui media dari pemegang hak siar Piala Dunia 2022 di Indonesia.

Baca juga: Harga Paket Streaming Piala Dunia 2022 di Vidio dan Cara Daftarnya, Cuma Rp 79.000

Perlu diketahui, untuk saat ini, pemegang hak siar Piala Dunia 2022 di Indonesia adalah EMTEK (Elang Mahkota Teknolog) Group.

Jadi, pertandingan Piala Dunia 2022 bisa ditonton di Indonesia melalui channel TV dan platform streaming milik perusahaan yang berada di bawah naungan EMTEK Group. Lalu, Piala Dunia 2022 tayang di channel apa saja atau platform mana?

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah daftar channel TV dan platform streaming resmi untuk nonton Piala Dunia 2022 di Indonesia.

Daftar channel TV dan platform streaming untuk nonton Piala Dunia 2022

Channel TV

Terdapat empat channel TV dari perusahaan di bawah naungan EMTEK Grup yang menayangkan pertandingan Piala Dunia 2022 lewat siaran digital. Adapun keempat channel TV tersebut adalah sebagai berikut:

  • SCTV
  • Indosiar
  • Mentari TV
  • Moji

Total 64 pertandingan Piala Dunia 2022 Qatar, dari babak grup hingga final di 18 Desember mendatang, bakal disiarkan semua melalui empat channel TV digital tersebut. Namun, keempat channel TV itu tidak serempak menayangkan semua pertandingan.

Dikutip dari akun Instagram resmi SCTV, hanya SCTV yang menayangkan semua pertandingan, sedang lainnya digilir. Untuk melihat jadwal pertandingan Piala Dunia 20222 dan pembagian channel TV yang menyiarkannya, silakan lihat di tautan ini.

Supaya bisa nonton Piala Dunia 2022 lewat keempat channel tersebut, masyarakat atau pengguna perlu memastikan telah memiliki TV (televisi) yang dapat menerima siaran digital dan antena penangkap sinyal.

Untuk menerima siaran digital, pengguna bisa memakai jenis perangkat TV digital atau TV analog biasa yang sudah terpasang dengan perangkat tambahan Set Top Box (STB).

Lalu, penting untuk dipastikan pula bahwa tempat tinggal atau wilayah domisili pengguna telah dijangkau dengan sinyal siaran digital dari keempat channel tersebut. Untuk cek jangkauan sinyal siaran digital, caranya bisa dibaca di artikel ini “Cara Cek Channel TV Digital”.

Baca juga: Harga Paket Streaming Piala Dunia 2022 Telkomsel, Indosat, dan Tri, serta Cara Daftarnya

Platform streaming

Selain melalui channel TV digital di atas, siaran Piala Dunia 2022 juga dapat diakses lewat platform streaming (menonton secara online dengan internet) Vidio. Platform ini juga masih berada di bawah naungan dari EMTEK Group.

Menonton Piala Dunia 2022 melalui Vidio berbeda dengan lewat SCTV, Indosiar, Mentari TV, atau Moji. Pengguna perlu memiliki koneksi internet dan mengeluarkan biaya langganan layanan apabila hendak menonton Piala Dunia 2022 melalui Vidio.

Dengan layanan dari Vidio, pengguna bisa menonton Piala Dunia 2022 di mana saja dan kapan saja melalui berbagai perangkat seperti ponsel atau tablet. Platform ini tersedia dalam bentuk aplikasi yang dapat diunduh lewat Google Play Store (ponsel Android) atau App Store (iPhone).

Saat ini, Vidio menyediakan paket langganan khusus untuk streaming Piala Dunia 2022 dengan harga mulai Rp 59.000. Rincian ketentuan paket langganan tersebut bisa dibaca lebih lanjut melalui tautan ini.

Paket tersebut akan berakhir hingga pagelaran Piala Dunia 2022 selesai. Untuk berlangganan atau mendaftarkan paketnya, bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  • Silakan buka dan login akun di aplikasi Vidio. Login bisa menggunakan akun Google (Gmail).
  • Setelah berhasil masuk, bukalah menu profil dengan klik ikon garis tiga yang berada di pojok kanan atas layar aplikasi.
  • Kemudian, pilih opsi “Langganan dan Pembelian”, lalu klik opsi “Berlangganan”.
  • Selanjutnya, pilih opsi langganan paket Vidio Piala Dunia 2022.
  • Terakhir, silakan selesaikan pembayaran paket Vidio Piala Dunia 2022 sesuai dengan instruksi dan metode yang tersedia.

Setelah berlangganan, pengguna nantinya bisa mulai streaming Piala Dunia 2022 di Vidio melalui menu “World Cup” yang tersedia langsung di halaman beranda. Di menu itu, bakal tersedia kanal-kanal penyiaran resmi untuk nonton Piala Dunia 2022.

Baca juga: Jadwal Lengkap Piala Dunia 2022 Qatar Bisa Dipasang di Google Calendar, Ini Caranya

Demikianlah pemaparan seputar daftar channel TV dan platform streaming resmi untuk nonton Piala Dunia 2022 Qatar di Indonesia, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com