Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Calvin Kizana Diangkat Jadi Bos WhatsApp Indonesia

Kompas.com - 28/11/2022, 17:36 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - WhatsApp mengumumkan Calvin Kizana sebagai Head of WhatsApp Indonesia yang pertama. Disebut pertama karena selama ini urusan WhatsApp di Indonesia ditangani oleh Meta, atau perwakilan WhatsApp dari wilayah lainnya.

Penunjukkan Calvin sebagai pemimpin WhatsApp di Indonesia juga diklaim menunjukkan pentingnya Indonesia bagi perusahaan teknologi pengiriman pesan asal Amerika Serikat tersebut.

Sebagai Head of WhatsApp Indonesia, Calvin Kizana akan berkantor di Jakarta dan memperkuat kemitraan lokal WhatsApp di Indonesia.

"Calvin akan fokus untuk lebih memperkuat kemitraan lokal WhatsApp di Indonesia dan memperluas penggunaan WhatsApp Business Platform untuk membantu orang menemukan, mengirim pesan, dan berinteraksi dengan bisnis di dalam aplikasi," kata pihak WhatsApp dalam keterangan yang diterima KompasTekno, Senin (28/11/2022).

Profil Calvin Kizana

Calvin Kizana memiliki pengalaman selama dua dekade sebagai pengusaha hingga berbagai peran di bidang teknologi. Sebelum bergabung dengan WhatsApp, Calvin bekerja sebagai COO GoPlay, perusahaan platform live-streaming besutan Gojek.

Baca juga: 6 Fitur Baru WhatsApp di Indonesia, Sudah Kebagian?

Calvin juga tercatat mendirikan dua startup yaitu Playday, sebuah platform live-streaming, dan platform media sosial PicMix.

Tak hanya itu, Calvin aktif terlibat dalam kancah startup di Asia Tenggara dan menjadi mentor serta penasihat bagi beberapa startup.

Berdasarkan berbagai pengalaman tersebut, Victoria Grand, Vice President of Global Affairs & Strategic Markets WhatsApp menilai Calvin memahami hal-hal yang diperlukan bagi WhatsApp untuk membangun kemitraan dan memberikan nilai bagi masyarakat.

"Ini adalah kesempatan luar biasa bagi saya untuk mengerjakan produk yang menyentuh kehidupan banyak orang di seluruh Indonesia, dan saya tidak sabar untuk memulainya,” ujar Calvin menanggapi karier barunya di WhatsApp.

WhatsApp sendiri merupakan aplikasi pesan instan yang digunakan miliaran pengguna di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia.

Di Indonesia WhatsApp telah melakukan berbagai investasi di bidang kesehatan, literasi digital, pelatihan usaha kecil, dan pembangunan komunitas. Misalnya kemitraan literasi digital dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang diklaim telah menjangkau lebih dari 2,4 juta orang di 34 provinsi.

Baca juga: Fitur Direktori WhatsApp Business Hadir di Indonesia, Toko di WA Makin Gampang Dicari

WhatsApp juga bekerja sama dengan Kementerian Koperasi dan UKM serta Kementerian Perdagangan untuk melatih lebih dari 30.000 UKM di Indonesia.

Pesan bisnis disebut menjadi bidang investasi utama bagi WhatsApp, dengan 7 dari 10 orang Indonesia mengatakan bahwa mereka lebih suka mengirim pesan ke suatu bisnis daripada melalui telepon atau e-mail.

Oleh karena itu, Calvin akan fokus untuk lebih memperkuat kemitraan lokal WhatsApp dan memperluas penggunaan WhatsApp Business Platform.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com