Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baru, Pengguna Zoom di Indonesia Bisa Meeting Pakai Avatar 3D

Kompas.com - Diperbarui 13/01/2023, 08:31 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pengguna layanan video conferencing Zoom bisa rapat alias meeting dengan cara baru, yakni menggunakan avatar 3D dengan tampilan manusia yang bisa didesain sendiri oleh penggunanya.

Hal ini dimungkinkan dengan fitur baru Zoom human Avatar (avatar manusia) yang baru dirilis belum lama ini. Fitur ini melengkapi fitur Avatar hewan yang sudah lebih dulu hadir di Zoom.

Pengguna Zoom di Indonesia juga sudah bisa menjajal fitur Zoom Avatar ini. Ini membuat pengguna Zoom memiliki lebih banyak opsi ketika hadir di Zoom meeting.

Baca juga: Viral Avatar Lensa AI, Apa Itu dan Bagaimana Cara Membuatnya?

Dengan fitur avatar manusi terbaru ini, pengguna bisa hadir dengan versi virtual dirinya. Sebab, pengguna bisa memilih bentuk wajah, mata, hidung, alis, bibir, hingga pakaian dan aksesori kepada sesuai keinginannya.

Nantinya, avatar yang dibikin pengguna bisa menirukan ekspresi wajah pengguna ketika Zoom meeting. Misalnya, menirukan gerakan memiringkan kepala hingga ekspresi senyum, manyun, mengangkat alis.

Zoom berharap, kehadiran fitur human avatar ini bisa menjadi fitur yang menambah keseruan pengguna saat rapat online. Di samping itu, fitur ini bakal sangat berguna bagi pengguna yang malas bersolek ketika rapat online.

Cara pasang avatar manusia 3D saat Zoom meeting

Pantauan KompasTekno, Kamis (12/1/2023), fitur Zoom Avatar sudah tersedia di aplikasi Zoom desktop versi paling baru, yakni 5.13.4 (11835).

Baca juga: Cara Membuat Link Whatsapp Call Mirip Zoom

Untuk mendapatkan fitur Zoom Avatar, pengguna perlu memperbarui (update) Zoom dengan cara sebagai berikut:

Tangkapan layar update aplikasi Zoom desktop yang membawa fitur baru human Avatar.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Tangkapan layar update aplikasi Zoom desktop yang membawa fitur baru human Avatar.

  • Buka aplikasi Zoom desktop
  • Masuk atau sign in
  • Klik foto profil di pojok kanan atas
  • Pilih "Check for Updates"
  • Klik "Update"
  • Lalu "Install"

Bila sudah update ke Zoom desktop versi 5.13.4 (11835), pengguna Zoom bisa membuat avatar manusia mirip dengan dirinya dengan cara sebagai berikut:

Cara membuat human avatar di Zoom. Pengguna bisa membuat avatar 3D dengan memilih bentuk wajah, mata, hidung, alis, bibir, hingga pakaian dan aksesori kepada sesuai keinginannya.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Cara membuat human avatar di Zoom. Pengguna bisa membuat avatar 3D dengan memilih bentuk wajah, mata, hidung, alis, bibir, hingga pakaian dan aksesori kepada sesuai keinginannya.

  • Saat di dalam ruang meeting, klik "^" di menu "Stop Video"
  • Pilih "Choose Avatar"
  • Di tab "Avatars (Beta), klik ikon "+" (Creat new avatar) untuk membuat avatar baru
  • Pilih warna kulit, bentuk wajah, bentuk rambut, warna rambut, bentuk alis, bentuk bibir, warna bibir, hingga pakaian dan aksesori pelengkap sesuai keinginan pengguna
  • Klik "Done" untuk menyimpan avatar
  • Setelah itu, avatar 3D siap untuk digunakan ketika Zoom meeting.

Bakal ada reaksi emoji dan utas percakapan

Dua fitur baru yang akan datang ke Zoom, yaitu reakse emoji dan utas percakapan di chat Zoom.dok. Zoom Dua fitur baru yang akan datang ke Zoom, yaitu reakse emoji dan utas percakapan di chat Zoom.
Dalam postingan di blog resminya, selain mengumumkan fitur baru Zoom Avatar, Zoom juga merinci dua fitur baru yang akan datang di akhir bulan ini.

Baca juga: Harga Saham Zoom Anjlok 90 Persen dari Rekor Tertinggi

Kedua fitur baru yang akan segera hadir adalah emoji reaksi dan utas percakapan di ruang obrolan (chat).

Nantinya, pengguna bisa merespons pesan pengguna di ruang obrolan dengan emoji, mirip seperti reaksi di WhatsApp dan direct message (DM) Instagram.

Selain itu, pengguna juga bakal bisa melihat utas percakapan di chat. Ini memudahkan pengguna melihat alur percakapan di chat secara lebih jelas, termasuk membalas komentar dari pengguna lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com