Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Ini, Asus Ingin Fokus Rakit Laptop di Indonesia

Kompas.com - 23/02/2023, 20:05 WIB
Zulfikar Hardiansyah,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

DENPASAR, KOMPAS.com - Memasuki tahun 2023, vendor laptop Asus memiliki dua rencana utama untuk pasar Indonesia. Pabrikan laptop asal Taiwan itu ingin mulai fokus merakit laptop di dalam negeri, sekaligus mengembangkan edukasi di bidang IT (teknologi informatika) ke masyarakat.

Rencana perakitan laptop dalam negeri dilakukan dalam rangka mempersiapkan tren yang mengarah ke market (pasar) bisnis komersial (business to business/B2B) di tahun ini.

Commercial BDM of ASUS Indonesia Yulianto Hasan mengatakan mulai tahun 2023 hingga 2026, pasar komersial secara global diprediksi bakal tumbuh sebesar 13 persen.

Di Asus, Yulianto mengatakan unit bisnis komersial menjadi unit bisnis terbesar kedua setelah unit bisnis konsumer secara global.

Untuk diketahui, selain produk untuk pasar konsumen, seperti laptop ROG, TUF, atau Zenbook, Asus juga memiliki produk khusus untuk pasar komersial. Misalnya, laptop seri ExpertBook, komputer seri ExpertCenter, serta solusi bisnis lain yang ditujukan buat enterprise serta institusi pendidikan dan pemerintahan.

Baca juga: Klaim Kuasai 41 Persen Market Share, Asus Pimpin Pasar Laptop Indonesia

Yulianto Hasan, Commercial BDM of ASUS Indonesia di acara A Decade of Leadership? yang berlangsung di Depansar, Bali, Rabu (22/2/2023).Kompas.com/Zulfikar Hardiansyah Yulianto Hasan, Commercial BDM of ASUS Indonesia di acara A Decade of Leadership? yang berlangsung di Depansar, Bali, Rabu (22/2/2023).

Asus akan menjadikan produk laptop komersial sebagai laptop pertama yang dirakit di Indonesia atau local assembly guna memenuhi TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri).

“Jadi untuk seri produk komersial sendiri akan jadi yang pertama menggunakan TKDN. Akan ada model yang menjadi local assembly di Indonesia melalui Asus komersial,” kata Yulianto dalam acara “A A Decade of Leadership” di Depansar, Bali, Rabu (22/2/2023).

Selain rencana melakukan perakitan laptop di Indonesia untuk mengoptimalkan tren market komersial sekaligus memenuhi TKDN, Asus tahun ini juga berencana untuk lebih mengembangkan edukasi pada masyarakat.

Pengembangan edukasi ini dijalankan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) dengan menyumbangkan laptop.

“Harapannya dengan kita menyumbangkan laptop dan melakukan CSR ini, kita juga bisa menambah dan berkontribusi untuk kepentingan pendidikan di Indonesia,” kata Yulianto.

Baca juga: 3 Laptop Asus Core i3 Harga Rp 5 Jutaan

Yulianto mengatakan program CSR untuk pengembangan edukasi di Indonesia tersebut bakal ditingkatkan. Sebab, menurut Yulianto program tersebut sejalan dengan target pemerintah yang menginginkan Indonesia menjadi negara maju pada 2045 dengan SDM (Sumber Daya Manusia) berkualitas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com