Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Galaxy A34 5G Resmi Dirilis, Tampang Lebih Segar ala Flagship

Kompas.com - 15/03/2023, 16:01 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung resmi meluncurkan smartphone kelas menengah terbarunya dari keluarga Galaxy A Series, yaitu Galaxy A34 5G, Rabu (15/3/2023).

Sesuai dengan namanya, ponsel ini merupakan penerus dari Samsung Galaxy A33 5G yang dirilis pada Maret 2022 lalu. Sebagai penerus, ada beberapa peningkatan yang dihadirkan Samsung di ponsel Galaxy A Series terbarunya ini. 

Pada aspek desain, misalnya, Samsung Galaxy A34 5G kini mengadopsi tampilan mirip ponsel kelas atas (flagship) Galaxy S23 Series. Pasalnya, deretan kamera belakang ponsel ini tidak dimuat dalam sebuah modul, dan seakan "tertanam" langsung di permukaan cangkang perangkat. 

Baca juga: Spesifikasi Samsung Galaxy A33 5G, Harga Bulan Januari 2023 Turun Rp 200.000

Selain itu, desain bingkai (frame) ponsel ini yang mengadopsi bentuk rata (flat), begitu juga bentuk keempat sudutnya yang melengkung (curved), juga tampak mirip dengan Galaxy S23 Series.

Samsung Galaxy A34 5G resmi meluncur, Rabu (15/3/2023). Galaxy A34 hadir dalam tiga warna yaitu Awesome Violet, Awesome Silver, dan Awesome Lime.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Samsung Galaxy A34 5G resmi meluncur, Rabu (15/3/2023). Galaxy A34 hadir dalam tiga warna yaitu Awesome Violet, Awesome Silver, dan Awesome Lime.
Masih soal desain, Samsung A34 5G mengusung layar Super AMOLED dengan luas diagonal 6,6 inci, resolusi Full HD Plus, refresh rate 120 Hz, dan tingkat kecerahan mencapai 1.000 nits.  

Pada bagian tengah atas layar yang sudah dilapisi dengan kaca pelindung Gorilla Glass 5 tersebut, terdapat modul "Infinity-U" yang memuat kamera selfie dengan resolusi 13 MP (f/2.2).

Beralih ke bagian belakang, punggung Samsung Galaxy A34 5G dihiasi dengan tiga buah kamera yang terdiri dari kamera utama 48 MP (f/1.8), kamera ultrawide 8 MP (f/2.2, bidang pandang 123 derajat), dan kamera macro 5 MP (f/2.4). 

Fitur penunjang aktivitas fotografi di ponsel ini mencakup Nightography untuk mempercantik dan meningkatkan kualitas foto malam hari, serta Optical Image Stabilization (OIS) untuk meredam guncangan ketika merekam sebuah video.

Baca juga: Samsung Galaxy A54 5G Meluncur, Desain Mirip Galaxy S23

Pada aspek performa, Samsung A34 5G ditenagai dengan chipset Dimensity 1080 dengan prosesor (CPU) delapan inti (octa core) yang memiliki kecepatan clock maksimal 2,6 GHz.

Komponen chipset ini meningkat dari Galaxy A33 5G yang menggunakan Exynos 1280 dengan CPU octa core yang memiliki kecepatan clock 2,4 GHz.

Samsung Galaxy A34 5G.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Samsung Galaxy A34 5G.
Adapun "otak" Samsung Galaxy A34 5G ini dipadukan dengan RAM 8 GB, dua opsi media penyimpanan (storage) 128 GB/256 GB, dan baterai dengan kapasitas 5.000 mAh yang mendukung teknologi pengisian cepat berdaya 25 watt.

Fitur pendukung lain yang ada di ponsel ini meliputi sensor pemindai sidik jari (fingerprint) yang sudah dibenamkan di bawah permukaan layar, tingkat ketahanan terhadap air dan debu dengan rating IP67, speaker stereo dengan teknologi Dolby Atmos, dan masih banyak lagi. 

Baca juga: Samsung Galaxy A14 4G vs Galaxy A13, Apa Saja Peningkatannya?

Untuk aspek software, Galaxy A34 5G menjalankan sistem operasi (OS) Android 13 yang dipoles dengan tampilan antarmuka (UI) OneUI 5.1.

Samsung mengeklaim ponsel ini akan mendapatkan jaminan peningkatan (upgrade) OS Android sebanyak empat (4) generasi, dan pembaruan (update) sistem dan keamanan selama lima (5) tahun.

Samsung Galaxy A34 5G hadir dalam tiga varian warna, yaitu Awesome Graphite, Awesome Violet, dan Awesome Silver.

Harga Samsung Galaxy A34 5G di Indonesia selengkapnya, bisa disimak di artikel "Resmi, Ini Harga Samsung Galaxy A34 5G di Indonesia".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com