Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Dikabarkan Mulai PHK Karyawan

Kompas.com - 05/04/2023, 12:30 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Setelah bertahan dengan tidak melakukan PHK karyawan, masa untuk Apple akhirnya tiba juga. Perusahaan yang bermarkas di Cupertino itu dilaporkan mulai melakukan pengurangan karyawan, untuk 'meningkatkan efektivitas operasi ritel Apple'.

PHK di Apple berdampak pada sejumlah tenaga kerja dalam divisi ritel yang bertanggung jawab atas pembangunan dan pemeliharaan lokasi ritel Apple, serta fasilitas fisik lainnya. Adapun divisi ritel yang terdampak PHK ini berlokasi di Amerika Serikat, Eropa, dan Asia Pasifik.

Bloomberg menyebutkan bahwa jumlah karyawan yang terdampak efisiensi 'sangat sedikit'. Akan tetapi, media berita tersebut tidak merincikan angka pastinya.

Karyawan yang di-PHK diberi waktu satu minggu untuk berpindah ke divisi Apple yang lain. Beberapa karyawan tingkat manajemen juga diberi kesempatan untuk menjadi kontributor dengan tingkat gaji yang lebih rendah.

Baca juga: Tak Ada PHK Massal di Apple, Ini Rahasianya

Jika tidak memungkinkan, Apple akan memberikan uang pesangon hingga empat bulan untuk pekerja yang di-layoff.

Perampingan perusahaan Apple ini menjadi 'lanjutan' dari gelombang PHK di industri teknologi. Sebelumnya, Google sudah memangkas sebanyak 12.000 karyawan, Amazon sebanyak 27.000 karyawan, Meta sebanyak 21.000 karyawan, dan Microsoft sebanyak 10.000 karyawan.

Mengacu pada klaim yang ada, Apple berarti masih belum melakukan perampingan tenaga kerja berskala besar. Melihat jejak sejarahnya pun, Apple terakhir kali melangsungkan efisiensi pada 2019, yang berimbas negatif pada 200 karyawan dalam proyek mobil self-driving.

Kini, data per September 2022 menunjukkan bahwa Apple mempekerjakan sekitar 164.000 karyawan, sebagaimana dicatat KompasTekno dari New York Post, Rabu (5/4/2023).

Strategi Apple hindari PHK massal

Sampai sekarang, Apple masih belum melakukan PHK massal meski kondisi keuangan perusahaan tersebut sedang tidak baik. Hal ini dimungkinkan karena strategi Apple untuk berhemat.

Baca juga: 100 Toko Apple Ditutup akibat Pandemi Covid-19 yang Belum Mereda

Apple diklaim membatasi proses perekrutan karyawan baru dan proses bergabung dengan perusahaan lain di Silicon Valley untuk mengubah sistem operasional menjadi lebih efisien. Perusahaan ini pun tidak akan menambah atau menambal posisi yang kosong.

Selain itu, Apple dilaporkan tengah menunda pemberian bonus kepada sejumlah karyawan. Alih-alih memberi bonus sebanyak satu sampai dua kali dalam setahun, Apple kini hanya memberi bonus sebanyak satu kali saja. Namun, karyawan tingkat direktur dan senior bakal tetap menerima bonus triwulanan.

Langkah terakhir adalah pemangkasan gaji CEO Apple, Tim Cook sebesar 50 persen, yakni dari 99 juta dollar AS (sekitar Rp 1,5 triliun) menjadi 49 juta dollar AS (sekitar Rp 751,9 miliar).

Dengan sederet langkah di atas, Apple dapat terhindar dari kerugian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com