Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sosok Jack Teixeira, "Orang Dalam" yang Bocorkan Dokumen Rahasia Pentagon di Discord

Kompas.com - Diperbarui 20/04/2023, 08:24 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber Gizmodo

KOMPAS.com - Dua pekan yang lalu, Departemen Pertahanan AS, Pentagon sempat kebobolan, lantaran dokumen rahasianya dibocorkan di media sosial.

Setumpuk dokumen yang memuat informasi sensitif terkait perang di Ukraina, kegiatan mata-mata AS, dan informasi rahasia lainnya, menjadi "buah bibir" di Twitter, Telegram, serta situs berbagi gambar anonim 4chan.

Awalnya, identitas pembocor sulit ditemukan karena banyaknya media sosial yang terlanjur menyebarkan dokumen rahasia tersebut.

Setelah melakukan penyelidikan dan berbagai wawancara, situs investigatif Bellingcat mendapati petunjuk bahwa bocoran tersebut awalnya bersumber dari server Thug Shaker Central di jejaring sosial Discord.

Pada saat yang sama, Biro Penyelidik Federal AS (FBI) juga melakukan investigasi mandiri. FBI pun akhirnya menangkap seorang pemuda yang diduga menjadi dalang pembocoran dokumen rahasia Pentagon.

Pemuda itu diketahui bernama Jack Teixeira. Dia ditangkap di kediamannya, Kamis (13/4/2023).

Lantas, siapa Jack Teixeira dan bagaimana cara dia mendapatkan dokumen-dokumen rahasia negara yang penting tersebut?

Baca juga: Dokumen Rahasia AS tentang Perang Ukraina Bocor lewat Discord Minecraft

Berasal dari keluarga militer

Potret Jack TeixeiraCNN Potret Jack Teixeira

Pria bernama lengkap Jack Douglas Teixeira ini berusia 21 tahun. Dia berasal dari Kota Dighton Utara, Massachusetts, Amerika Serikat. Teixeira berasal dari keluarga dengan rekam jejak puluhan tahun di dinas militer.

Ayah tirinya, Thomas P. Dufault menghabiskan 34 tahun di unit yang sama dengan Jack, yakni sayap intelijen ke-102 dari Pengawal Nasional Udara Massachusetts sebelum akhirnya pensiun 4 tahun yang lalu.

Di sisi lain, ibunya, Dawn Dufault bekerja untuk organisasi nirlaba yang mendukung para veteran.

Menilik kepribadiannya, Teixeira digambarkan oleh teman-temannya sebagai orang yang patriotik, libertarian, Katolik yang taat, dan memiliki minat pada senjata.

Namun, Teixeira juga disebut sebagai sosok yang tidak disukai banyak orang karena sifatnya yang penyendiri serta ketertarikannya pada perang dan senjata. Ia pun juga pernah melemparkan lelucon rasis dan anti-semit.

Bekerja di operasi pertahanan siber

Bisa dikatakan, Teixeira adalah "orang dalam". Sebab, dia adalah pekerja harian operasi pertahanan siber di Pangkalan Garda Nasional Udara Otis, Cape Cod.

Sebagai pekerja operasi pertahanan siber, Teixeira memegang izin keamanan dengan tingkat "Sangat Rahasia" yang diberikan pada 2021. Tidak hanya itu, spesialis komunikasi dan IT ini juga memiliki akses khusus sensitif (SCI) ke program sangat rahasia lainnya sejak tahun itu.

Untuk mendapatkan akses ini, Teixeira harus setuju untuk melindungi dan tidak membocorkan informasi tersebut. Ia pun tidak boleh memindahkannya dari fasilitas penyimpanan resmi atau menyimpannya di lokasi yang tidak sah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com