Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebaran Ditanya Kapan Nikah dan Pertanyaan "Template" Lain, Jawab Pakai ChatGPT Saja

Kompas.com - 22/04/2023, 10:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Lebaran menjadi momentum kita bertemu dengan keluarga besar. Berkumpul dengan keluarga besar saat Lebaran lumrahnya menjadi hal yang menyenangkan. Namun, untuk sebagian orang, kumpul Lebaran seperti itu bisa menjadi hal yang menjengkelkan.

Sebab, saat Lebaran, keluarga seperti paman, bibi, dan sepupu, mungkin bakal bertanya soal capaian-capaian kita. Contoh pertanyaan yang kerap terlontar saat Lebaran itu, seperti "kapan nikah", “kapan lulus kuliah?”, “kapan kerja?”, “kapan punya anak?”, dan sebagainya.

Baca juga: Cara Bikin Playlist Spotify buat Dengar Musik Selama Perjalanan Mudik Lebaran 2023

Dalam kondisi tertentu, untuk sebagian orang, pertanyaan Lebaran yang demikian bisa terasa mengganggu atau meresahkan. Beberapa orang mungkin bakal bingung ketika diberondong pertanyaan “template” soal capaian diri.

Akan tetapi, kebingungan itu bukan berarti tak ada solusinya. Seandainya muncul pertanyaan “template” di kala Lebaran, Anda tak perlu khawatir dan bingung. Anda dapat memanfaatkan platform chatbot artificial intelligence (AI) ChatGPT.

Perlu diketahui, ChatGPT merupakan program model bahasa yang dilatih untuk bisa menanggapi perintah atau menjawab pertanyaan pengguna. Lewat ChatGPT, Anda bisa mendapatkan ide menjawab pertanyaan Lebaran dari keluarga dengan baik.

Lalu, bagaimana cara menggunakan ChatGPT buat bantu jawab pertanyaan “template” Lebaran? Bila ingin menggunakan ChatGPT untuk mengatasi kebingungan dalam menjawab pertanyaan meresahkan saat Lebaran, berikut adalah caranya.

Cara menggunakan ChatGPT untuk bantu jawab pertanyaan “template” Lebaran

  • Buka ChatGPT lewat alamat website ini https://chat.openai.com/ dan login akun. Untuk login, Anda bisa menggunakan akun Google (akun Gmail).
  • Setelah berhasil login, tulis perintah atau pertanyaan di kolom yang tersedia. Dalam konteks menghadapi pertanyaan Lebaran yang meresahkan, Anda dapat memerintahkan ChatGPT buat menulis jawaban atas pertanyaan tertentu.
  • Contoh perintah atau pertanyaan tersebut, misal “apa yang harus dikatakan bila ditanya kapan lulus kuliah oleh keluarga waktu kumpul Lebaran?” atau "10 jawaban lucu jika ditanya kapan nikah waktu Lebaran".
  • Selanjutnya, ChatGPT bakal mengolah tanggapan atas perintah tersebut dan menyajikan hasilnya kemudian.
  • ChatGPT bisa menghasilkan beberapa kalimat yang dapat dipakai buat menyawab pertanyaan “template” saat Lebaran.

Ilustrasi cara menggunakan ChatGPT untuk bantu jawab pertanyaan Lebaran.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara menggunakan ChatGPT untuk bantu jawab pertanyaan Lebaran.

Cukup mudah bukan cara menggunakan ChatGPT untuk bantu jawab pertanyaan Lebaran? Sebagai informasi tambahan, setelah ChatGPT memberikan tanggapan, Anda juga dapat bertanya lebih lanjut.

Setelah itu, ChatGPT akan membalasnya seperti sedang melakukan percakapan layaknya antar manusia. Sementara itu, penting untuk diingat pula, jawaban atau saran dari ChatGPT mungkin tidak sesuai dengan konteks nyata yang Anda alami.

Baca juga: Cara Main Game Mewarnai di Google yang Lagi Ramai, Ada Buku Mewarna Edisi Lebaran

Jadi, saran ChatGPT untuk menjawab pertanyaan Lebaran seperti yang dicontohkan di atas sebaiknya jangan ditelan mentah-mentah. Demikianlah penjelasan mengenai cara menggunakan ChatGPT buat bantu jawab pertanyaan Lebaran, selamat mencoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com