Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selamat Tinggal "Hey Siri", Ini Cara Baru Panggil Asisten Virtual Apple

Kompas.com - 06/06/2023, 11:02 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selamat tinggal "Hey Siri".

Apple menetapkan cara baru memanggil asisten virtual Siri miliknya. Kini, pengguna iPhone cukup mengatakan "Siri" saja untuk memberikan perintah. Sehingga, pengguna tak perlu lagi menambahkan kata "Hey" untuk memberikan perintah suara ke asisten virtual Apple.

Cara baru memanggil Siri itu mulai diterapkan lewat sistem operasi mobile baru untuk perangkat iPhone, yaitu iOS 17. iOS versi baru ini baru saja dirilis dalam ajang Worldwide Developers Conference (WWDC) 2023 yang digelar secara online pada Selasa (6/6/2023) dini hari waktu Indonesia.

Dengan mengucapkan satu kata "Siri", pengguna iPhone bisa bisa memanggil asisten virtual Siri dengan lebih cepat.

Untuk lebih mempermudah, pengguna sekarang dapat memberikan perintah Siri back-to-back tanpa harus mengucapkan "Siri" setiap kali ingin memberi input yang baru.

Baca juga: iOS 17 Meluncur, Bawa Fitur Baru Journal dan Standby Mode

Sekilas, cara baru memanggil Siri tanpa "Hey" ini tampak seperti perubahan yang sederhana. Namun, menurut laporan jurnalis Bloomberg Mark Gurman, perubahan ini jauh lebih kompleks dari kelihatannya.

Menurut Gurman, memanggil Siri dengan satu kata "Siri" ini menambah kerumitan dan berpotensi membuat Siri salah menangkap sinyal perintah dari pengguna.

Dalam beberapa bahasa, Siri menjadi kata tunggal yang unik. Namun, misalnya, dalam bahasa Spanyol "Siri" juga bisa berarti "Yes/Ya". Ini berpotensi membingungkan Siri dalam mengenali sinyal panggilan dari pengguna.

Makanya, kata Gurman, cara baru memanggil Siri ini melibatkan lebih banyak pelatihan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI). Tujuannya agar Siri dapat menangkap sinyal hanya dengan satu kata yang diucapkan pengguna, "Siri" dalam berbagai aksen dan dialek pengguna.

Keputusan Apple menghilangkan "Hey" ketika memanggil Siri tersebut serupa dengan langkah yang dilakukan Amazon pada asisten virtual Alexa beberapa tahun lalu.

Sejauh ini, Google menjadi satu-satunya yang mempertahankan "Hey Google" untuk memanggil asisten virtual Google Assistant, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Actualidadiphone, Selasa (6/6/2023).

Baca juga: Daftar iPhone yang Kebagian iOS 17

Ketersediaan iOS 17

Ilustrasi iOS 17Apple Ilustrasi iOS 17
Untuk menerapkan panggilan baru untuk Siri, pengguna iphone harus sudah menjalankan iOS 17. 

Kini, iOS 17 sudah tersedia bagi para pengembang aplikasi yang terdaftar dalam Apple Developer Program (khusus untuk pengembang) di situs developer.apple.com mulai hari ini.

Rencananya, iOS 17 versi Public Beta (uji coba untuk umum di luar pengembang) bakal tersedia pada Juli mendatang, melalui situs beta.apple.com.

Adapun iOS 17 versi final (semua pengguna iPhone yang mendukung) kemungkinan bakal dirilis sekitar September, Oktober, atau November 2023 mendatang.

Untuk dukungan perangkat, iOS 17 akan mendukung iPhone SE (2020), iPhone XS/XS Max, iPhone XR, dan versi iPhone terbaru setelah model-model tersebut, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Apple.com, Selasa (6/6/2023). Informasi selengkapnya mengenai fitur lengkap iOS 17 bisa disimak dalam tautan berikut ini.

Cara baru memanggil Siri dengan satu kata ini juga hadir di perangkat iPad (iPadOS 17) dan mac (macOS Sonoma).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com