Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Aplikasi Alternatif iCloud buat Backup Data di iPhone atau iPad, Ada GDrive dan Dropbox

Kompas.com - 10/06/2023, 14:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - iCloud merupakan layanan penyimpanan berbasis Cloud khusus untuk perangkat Apple, termasuk iPhone dan iPad. Pengguna iPhone atau iPad bisa memakai iCloud buat menyimpan berbagai jenis data seperti foto atau video secara online.

Di iPhone atau iPad, pengguna bisa mengakses iCloud secara gratis hanya dengan login Apple ID. Akan tetapi, iCloud versi gratis memiliki kuota penyimpanan yang terbatas. Pengguna hanya diberikan kuota iCloud sebesar 5 GB secara gratis.

Baca juga: Cara Membuat Apple ID Baru atau Akun iCloud di HP dan Laptop

Bila ingin menambah kuotanya, pengguna harus berlangganan iCloud yang sekarang termurah mulai Rp 15.000 per bulan untuk kuota sebesar 15 GB. Terbatasnya kuota iCloud secara gratis ini mungkin bisa jadi persoalan tersendiri bagi sebagian pengguna.

Akan tetapi, bila kuota iCloud Anda habis dan tak ingin berlanggan, tidak usah khawatir. Terdapat beberapa aplikasi backup data iPhone atau ipad secara online yang dipakai selain iCloud. Lantas, apa saja aplikasi alternatif iCloud buat iPhone atau iPad?

Bila tertarik untuk turut menggunakannya, berikut adalah daftar beberapa aplikasi alternatif iCloud buat backup data iPhone atau iPad.

Daftar aplikasi alternatif iCloud buat backup data iPhone atau iPad.

1. Google Drive

Ilustrasi aplikasi alternatif iCloud, Google Drive.App Store Ilustrasi aplikasi alternatif iCloud, Google Drive.

Aplikasi backup data iPhone atau iPad selain iCloud yang pertama adalah Google Drive atau biasa disingkat GDrive. Sebagian besar dari Anda mungkin tak asing lagi dengan Google Drive yang sudah cukup populer ini.

Aplikasi penyimpanan berbasis Cloud buatan Google itu menyediakan ruang penyimpanan online secara gratis sebesar 15 GB. Bila ingin menggunakannya, Anda dapat mengunduh Google Drive melalui App Store.

2. Dropbox

Ilustrasi aplikasi alternatif iCloud, Dropbox.App Store Ilustrasi aplikasi alternatif iCloud, Dropbox.

Kedua, aplikasi alternatif iCloud yang juga bisa dipakai buat backup data iPhone atau iPad adalah Dropbox. Anda bisa mengunggah dan menyimpan data seperti media atau dokumen dari iPhone serta iPad ke Dropbox.

Aplikasi ini sayangnya hanya menyediakan kuota penyimpanan secara gratis sebesar 2 GB. Bila tertarik menggunakannya, Anda bisa mengunduh Dropbox via App Store.

3. OneDrive

Ilustrasi aplikasi alternatif iCloud, OneDrive.App Store Ilustrasi aplikasi alternatif iCloud, OneDrive.

OneDrive merupakan aplikasi buatan Microsoft yang bisa dipakai sebagai aplikasi alternatif iCloud untuk backup data iPhone atau iPad. OneDrive menyediakan kuota penyimpanan gratis sebesar 5 GB. OneDrive bisa diunduh di App Store.

4. Box

Ilustrasi aplikasi alternatif iCloud, Box.App Store Ilustrasi aplikasi alternatif iCloud, Box.

Keempat, terdapat aplikasi alternatif iCloud bernama Box. Aplikasi ini menyediakan kuota penyimpanan gratis yang cukup besar, yaitu 10 GB. Berbagai jenis data bisa diunggah dan disimpan ke dalamnya. Box bisa diunduh di App Store.

5. IDrive

Ilustrasi aplikasi alternatif iCloud, IDrive.App Store Ilustrasi aplikasi alternatif iCloud, IDrive.

IDrive menyediakan kuota penyimpanan gratis yang juga cukup besar sama seperti Box, yaitu 10 GB. Bila tertarik menggunakannya sebagai alternatif iCloud buat backup data iPhone atau iPad, silakan unduh IDrive di App Store.

Itulah lima aplikasi alternatif iCloud yang dapat dipakai buat backup data iPhone atau iPad. Sebagai informasi tambahan, kelima aplikasi di atas umumnya membutuhkan tindakan manual untuk mencadangkan data.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi iCloud Penuh di iPhone dengan Mudah

Pengguna perlu memilih sendiri terlebih dahulu data mana saja yang hendak diunggah dan dicadangkan ke penyimpanan Cloud. Beda dengan iCloud yang terintegrasi langsung, sehingga bisa melakukan pencadangan data otomatis di iPhone atau iPad.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com