Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asus Zenbook S13 OLED Resmi di Indonesia, Diklaim Laptop Tertipis di Dunia

Kompas.com - 31/05/2023, 13:02 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah diperkenalkan di pasar global April lalu, Asus kini resmi memboyong laptop super tipis (ultrathin) terbarunya, Zenbook S13 OLED (UX5304) ke Indonesia pekan ini. 

Asus Regional Director Southeast Asia, Jimmy Lin mengeklaim laptop ini merupakan laptop paling tipis dan ringan di dunia. Di atas kertas, laptop ini hanya memiliki dimensi ketebalan 1 cm dengan bobot 1 kg. 

"Selain tipis dan ringan, Zenbook S13 OLED juga merupakan laptop ultraportabel yang ramah lingkungan," klaim Jimmy dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Rabu (31/5/2023).

Laptop ini disebut ramah lingkungan karena telah mendapatkan sertifikasi EPEAT Gold. Sertifikasi ini menjamin bahwa proses pembuatan, perakitan, penggunaan, hingga proses daur ulang laptop diklaim bisa meminimalisir jejak karbon.

Baca juga: Asus ROG Ally Meluncur, Konsol Pesaing Steam Deck Harga Mulai Rp 8 Jutaan

Kembali lagi ke aspek bobot, untuk meminimalkan berat laptop ini, Asus memadukan material magnesium dan aluminium yang digunakan pada bagian keyboard deck.

Bagian ini sendiri diproses dengan presisi melalui teknik CNC, sehingga tak memerlukan bagian penyangga tambahan.

Selain keyboard deck, touchpad laptop ini juga dilapisi dengan penutup kaca yang diklaim sangat tipis.

Dengan begitu, ditambah dengan konstruksi keyboard deck tadi, dimensi ketebalan laptop ini bisa ditekan hingga 25 persen.

Spesifikasi Asus Zenbook S13 OLED

Asus Zenbook S13 OLED.Asus Asus Zenbook S13 OLED.

Meski tipis dan ringan, hardware atau "jeroan" Asus Zenbook S13 OLED bisa dibilang memiliki kemampuan yang cukup mumpuni. 

Laptop ini ditenagai dengan prosesor (CPU) Intel Core i7-1355U (1,7 GHz) serta pengolah grafis (GPU) terintegrasi Intel Iris Xe Graphics. 

Pada sektor memori, Zenbook S13 OLED dibekali dengan RAM 16 GB (LPDDR5) dan media penyimpanan (storage) SSD (PCIe 4.0) dengan kapasitas 1 TB.

Baca juga: Dari Layar hingga Baterai, Ini 4 Fitur Andalan Laptop Asus ZenBook S 13 OLED

Beralih ke sektor layar, Zenbook S13 OLED mengusung layar Asus Lumina OLED 13,3 inci dengan resolusi 2.8K (2.880 x 1.800 piksel) dan refresh rate 60 Hz.

Layar ini memiliki tingkat kecerahan hingga 550 nit dan telah memiliki beberapa sertfikasi seperti VESA, Pantone, hingga Display HDR True Black 500.

Fitur pendukung lain yang ada di laptop ini mencakup WiFi 6E, Bluetooth 5.3, Windows 11 Home, IR Camera 1080p yang mendukung Windows Hello, hingga baterai 63WHrs yang diklaim kuat 14 jam untuk streaming video. 

Laptop ini juga dibekali dengan sejumlah konektor mencakup dua buah konektor USB tipe-C Thunderbolt 4, konektor USB 3.2 Gen 2, konektor USB 3.2 Gen 2 Type-A, konektor HDMI 2.1, dan audio jack 3,5 mm.

Di Indonesia, Asus Zenbook S13 OLED hanya hadir dalam satu varian warna yaitu Basalt Grey. Laptop ultrathin ini dijual sudah bisa dibeli di Tanah Air dengan harga Rp 24 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com