Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap-siap, Pengguna WhatsApp Bakal Bisa Kirim Gambar Kualitas HD

Kompas.com - 12/06/2023, 07:00 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber WABetaInfo

KOMPAS.com - Pengguna WhatsApp tak lama lagi bakal bisa berkirim gambar atau foto beresolusi besar hingga kualitas High Definition (HD). Aplikasi pesan instan ini kini sedang menguji dukungan tersebut ke sejumlah pengguna.

Fitur kirim gambar resolusi besar di WhatsApp, hadir melalui pembaruan aplikasi versi beta 23.11.0.76 untuk iOS dan 2.23.12.13 untuk Android. Artinya, baik pengguna iOS maupun Android, kebagian fitur ini.

Namun seperti praktik pengujian fitur baru sebelumnya, dukungan kirim foto HD di WhatsApp baru bisa dijajal oleh beberapa pengguna saja, khususnya mereka yang ikut program beta.

Sebelumnya WhatsApp menggulirkan fitur baru untuk berbagi media, yaitu opsi kualitas foto pada aplikasinya versi beta 23.4.0.70 di iOS. Dengan opsi ini, pengguna bisa memilih kualitas foto yang diinginkan, sehingga detail gambarnya tetap terjaga ketika dikirimkan ke pengguna lainnya.

Baca juga: Ramai Tampilan WhatsApp Berubah, Menu Chat Jadi di Bawah, Bagaimana Bisa?

Namun, saat itu opsi kualitas gambarnya masih belum tersedia sepenuhnya karena belum bisa diaplikasikan pengguna ketika berkirim gambar.

Nah, dukungan kirim foto resolusi HD yang dihadirkan WhatsApp kali ini, masih berkaitan dengan opsi tersebut. Dengan memasang pembaruan aplikasi versi beta 23.11.0.76 untuk iOS dan 2.23.12.13 untuk Android, pengguna sudah bisa berkirim foto via WhatsApp dengan kualitas HD.

Terdapat dua opsi kualitas yang tersedia, yaitu "Standar" dan "HD". Secara default, opsi gambarnya akan diatur berkualitas standar. Jadi, pengguna harus mengklik opsi HD setiap ingin mengirimkan foto atau gambar resolusi tinggi.

Meski mendukung kualitas HD, WhatsApp tetap menurunkan kualitas foto yang dikirim pengguna dengan opsi HD. Resolusinya akan sedikit dikompres, sehingga kualitasnya aslinya hanya bertahan 90 persen.

Nantinya, foto yang dikirim dengan opsi HD di WhatsApp akan muncul dengan keterangan "HD", tepat di sudut kiri bawah foto.

Baca juga: WhatsApp Resmikan Fitur Channels Mirip Telegram

WhatsApp menggulirkan fitur opsi kualitas foto untuk pengguna beta.WABetaInfo WhatsApp menggulirkan fitur opsi kualitas foto untuk pengguna beta.

Perlu dicatat bahwa dukungan kualitas HD hanya berlaku untuk foto yang dikirimkan pengguna melalui chat WhatsApp. Jadi, kualitas yang sama tidak akan ditemukan untuk video atau saat pengguna berbagi foto via tab Status.

Opsi HD sudah digulirkan WhatsApp ke sejumlah pengguna beta baik Android maupun iOS. Fitur ini juga akan diperluas ke pengguna beta lainnya dalam waktu dekat, dihimpun KompasTekno dari WABetaInfo, Senin (12/6/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com