Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HP Rp 8 Jutaan ke Atas Makin Laris di Indonesia, Dipimpin Samsung dan Apple

Kompas.com - Diperbarui 13/06/2023, 06:43 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pasar smartphone Indonesia pada kuartal I-2023 dilaporkan masih lesu seperti kuartal sebelumnya, berdasar penelitian beberapa firma riset, termasuk International Data Corporation (IDC).

Namun, di tengah lesunya pasar smartphone, smartphone premium atau high-end justru kian laris.

Dalam laporannya IDC menyebutkan bahwa smartphone premium tumbuh 71 persen dibanding kuartal yang sama tahun 2022 (year-on-year/YoY).

IDC sendiri mengategorikan smartphone high-end sebagai smartphone yang dibanderol harga lebih dari 600 dollar AS (Rp 8,9 juta).

Baca juga: Ini Sebab Pasar Ponsel Indonesia Turun 11,9 Persen Menurut IDC

Vendor ponsel yang paling banyak berkontribusi pada pertumbuhan ini disebut IDC adalah Samsung dan Apple. Kedua merek ini memang menawarkan smartphone di atas harga Rp 8 juta di Indonesia, selain perangkat lainnya yang dijual di bawah harga tersebut.

Misalnya lini seri iPhone 14 sebagai ponsel terbaru Apple saat ini yang dijual di Indonesia mulai dari Rp 16 juta. Ada pula lini seri Samsung Galaxy S23 sebagai smartphone premium terbaru Samsung saat ini yang dijual di Indonesia mulai harga Rp 13 juta.

Senada dengan IDC, firma riset Counterpoint Research juga melaporkan pertumbuhan smartphone premium pada kuartal I-2023.

Counterpoint tak merinci persentase pertumbuhannya, tetapi memaparkan vendor ponsel yang berkontribusi pada pasar smartphone Indonesia segmen premium.

Agak berbeda dengan IDC, Counterpoint mengategorikan smartphone high end atau premium sebagai smartphone yang dibanderol harga lebih dari 400 dollar AS (Rp 5,9 juta).

Baca juga: Counterpoint Revisi Hasil Riset di Indonesia, Realme dari Positif Jadi Negatif

Menurut riset Counterpoint, smartphone premium yang laris di Indonesia pada kuartal I-2023 yaitu smartphone bikinan Apple dengan pertumbuhan 17,7 persen YoY. Merek lainnya yang turut berperan mendongkrak pertumbuhan HP premium yaitu Oppo, Samsung dan Asus.

Smartphone iPhone 14 Series.Dok. Apple Smartphone iPhone 14 Series.

Adapun faktor pendorong smartphone premium khususnya iPhone, dikatakan Counterpoint adalah karena program potongan harga hingga skema tukar tambah dan program cicilan yang menarik bagi konsumen di Indonesia.

Selain itu, Apple juga mulai bermitra dengan marketplace Blibli per Maret 2023, sehingga memperluas jangkauan konsumen untuk membeli iPhone baru.

"Skema tukar tambah dan penawaran cicilan dari peritel juga menarik minat konsumen. Kemitraan baru dengan Blibli untuk menjalankan toko online resmi Apple (juga) menambah ketersediaan iPhone di pasar," demikian keterangan Counterpoint, dikutip KompasTekno dari situs resminya.

Secara umum, pasar smartphone Indonesia pada kuartal I-2023 masih lesu, baik menurut IDC maupun Counterpoint maupun IDC.

Baca juga: IDC: Pasar Ponsel Dunia Turun 14 Persen, Samsung Teratas

Riset IDC menunjukkan bahwa pengiriman smartphone di Indonesia pada kuartal tersebut adalah 7,9 juta unit. Angka ini turun 11,9 persen dibanding kuartal yang sama pada tahun lalu (year-over-year/YoY).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com