Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prosesor Laptop Intel Core Generasi Ke-13 "Raptor Lake" Resmi di Indonesia

Kompas.com - 15/06/2023, 13:50 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Intel resmi meluncurkan prosesor (CPU) Intel Core Generasi ke-13 (Raptor Lake) untuk kategori desktop pada Desember 2022 lalu di Indonesia.

Kini, memasuki bulan Juni 2023, giliran CPU Intel Core Raptor Lake kategori mobile, alias laptop, yang diboyong perusahaan asal Santa Clara, California, Amerika Serikat (AS) tersebut ke Tanah Air.

Artinya mulai kini, pengguna sudah bisa membeli aneka laptop yang ditenagai dengan prosesor Intel Core Generasi ke-13 di Indonesia.

Nah, peresmian prosesor laptop Intel Core Generasi ke-13 di Indonesia digelar dalam sebuah acara yang berlangsung di Indonesia Ballroom, Shangri-La Hotel, Jakarta Pusat, Kamis (15/6/2023).

Baca juga: Intel Luncurkan Prosesor Desktop Generasi Ke-13 Raptor Lake

Dalam acara tersebut, Managing Director Sales, Marketing & Communications Group Intel Southeast Asia and ANZ, Simon Chan mengatakan bahwa deretan prosesor terbaru Intel ini hadir untuk berbagai segmen laptop yang bervariasi.

"Prosesor laptop Intel Core Generasi ke-13 melengkapi keluarga prosesor Raptor Lake di Indonesia setelah CPU desktop meluncur di sini Desember tahun lalu," ujar Simon di atas panggung acara.

Para petinggi Intel di acara peluncuran prosesor Intel Gen 13 di  Indonesia Ballroom, Shangri-La Hotel, Jakarta Pusat, Kamis (15/6/2023). Kompas.com/Bill Clinten Para petinggi Intel di acara peluncuran prosesor Intel Gen 13 di Indonesia Ballroom, Shangri-La Hotel, Jakarta Pusat, Kamis (15/6/2023).

"Aneka CPU ini juga hadir untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang memiliki laptop di segmen berbeda, mulai dari gaming, productivity, content creation, hingga bisnis," imbuh Simon.

Baca juga: Intel Setop Produksi Prosesor Core Gen-11 Tiger Lake

Empat lini CPU Intel Core Generasi ke-13

Prosesor laptop Intel Core Generasi ke-13 yang masuk Indonesia terbagi ke dalam empat lini, yaitu Intel Core P-Series, U-Series, H-Series, dan HX-Series.

Prosesor Intel Core P-Series ditujukan untuk berbagai laptop mainstream yang mengunggulkan performa. Lalu, CPU Intel Core U-Series ditujukan untuk aneka laptop tipis dan ringan yang hemat daya.

Sementara Intel Core H-Series, ditargetkan untuk laptop tipis yang memiliki performa mumpuni.

Kemudian, Intel Core HX-Series merupakan seri teratas dari prosesor laptop Intel Core Generasi ke-13 yang didesain untuk berbagai laptop untuk segmen gaming ekstrem dan produksi konten.

Nah, dari seluruh model CPU terbaru Intel ini, prosesor Intel Core i9-13980HX diposisikan sebagai model tertinggi yang memiliki kemampuan termumpuni.

Prosesor ini memiliki jumlah inti (core) mencapai 24 unit, yang terdiri dari 16 unit Efficiency Cores (E-Cores) dan 8 unit Performance Cores (P-Cores).

Intel mengeklaim Intel Core i9-13980HX merupakan CPU laptop tercepat di dunia saat ini.

"Prosesor ini memiliki kecepatan clock hingga 5,6 GHz, tercepat di dunia saat ini. Bahkan, kecepatan tersebut bisa ditingkatkan lagi melalui teknik overclock," klaim Client Business Head Intel Southeast Asia and ANZ, Dino Strkljevic dalam acara yang sama.

Baca juga: Intel dan Arm Kerja Sama Bikin Chip HP Baru

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com