Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Marketplace Terbesar di Indonesia Tahun 2022, Shopee Teratas

Kompas.com - 16/06/2023, 19:30 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Firma riset Momentum Works merilis laporan bertajuk "Ecommerce in Southeast Asia 2023" baru-baru ini. Isi laporannya salah satunya mengungkap daftar 6 marketplace terbesar di Indonesia.

Dalam laporan tersebut, Shopee tercatat menjadi marketplace nomor satu alias terbesar di Indonesia untuk tahun 2022. Shopee diekori oleh Tokopedia, Lazada, Bukalapak, TikTok Shop, dan BliBli.

Marketplace yang berada di bawah naungan SEA Limited itu berada di posisi pertama karena berkontribusi paling besar terhadap Gross Merchandise Value (GMV) e-commerce di Indonesia secara keseluruhan.

Gross Merchandise Value (GMV) adalah akumulasi nilai pembelian dari masyarakat Indonesia lewat marketplace yang ada. Atau sederhananya adalah pendapatan marketplace berdasarkan hasil akumulasi belanja pengguna.

Baca juga: Pendapatan E-commerce Asia Tenggara Tembus Rp 1.480 Triliun, Indonesia Terbesar

Menurut data "E-commerce in Southeast Asia 2023", Indonesia memiliki GMV sebesar 51,9 miliar dollar AS atau kira-kira Rp 773,7 triliun pada 2022.

Nah, dari total GMV e-commerce Indonesia tersebut, Shopee berkontribusi sebesar 36 persen atau sekitar Rp 278,5 triliun. Angka ini paling tinggi dibandingkan marketplace lain yang beroperasi di Indonesia.

Laporan Ecommerce in Southeast Asia 2023 dari firma riset Momentum Works. Indonesia penyumbang GMV e-commerce terbanyak di Asia Tenggara. Shopee dan Lazada jadi marketplace paling besar berdasarkan jumlah GMV di Asia Tenggara pada 2022.Momentum Works Laporan Ecommerce in Southeast Asia 2023 dari firma riset Momentum Works. Indonesia penyumbang GMV e-commerce terbanyak di Asia Tenggara. Shopee dan Lazada jadi marketplace paling besar berdasarkan jumlah GMV di Asia Tenggara pada 2022.
Beda tipis, marketplace bikinan anak bangsa, Tokopedia berada di posisi kedua dengan persentase kontribusi sekitar 35 persen. Bila dikalkulasi secara manual, maka GMV Tokopedia mencapai sekitar Rp 270,8 triliun.

Marketplace garapan Achmad Zaky, Bukalapak melengkapi posisi tiga besar, dengan persentase kontribusi 10 persen terhadap total GMV e-commerce di Indonesia.

Bila dihitung, pengguna Bukalapak telah menghabiskan Rp 77,4 triliun untuk belanja online di Bukalapak, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Momentum Asia, Jumat (16/6/2023).

Selengkapnya, berikut rincian 6 marketplace terbesar di Indonesia tahun 2022, berdasarkan estimasi nilai GMV:

  1. Shopee - sumbang 36 persen atau setara Rp 278,5 triliun
  2. Tokopedia - sumbang 35 persen atau setara Rp 270,8 triliun
  3. Lazada - sumbang 10 persen atau setara Rp 77,4 triliun
  4. Bukalapak - sumbang 10 persen atau setara Rp 77,4 triliun
  5. TikTok Shop - sumbang 5 persen atau setara Rp 38,7 triliun
  6. BliBli - sumbang 4 persen atau setara Rp 30,9 triliun

Baca juga: Pendapatan Bisnis E-commerce di Indonesia Tembus Rp 773 Triliun, Tertinggi Se-Asia Tenggara

Selain nomor satu di Indonesia, Shopee juga menjadi marketplace nomor satu se-Asia Tenggara berdasarkan nilai GMV.

Sepanjang 2022, pengguna Shopee di Asia Tenggara tercatat menghabiskan sekitar 47,9 miliar dollar AS (setara Rp 714 triliun) untuk belanja online di marketplace yang identik dengan warna oranye ini.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com