Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Final MSC 2023, Onic Esports Juara Usai Tumbangkan Blacklist International

Kompas.com - 18/06/2023, 22:47 WIB
Yudha Pratomo,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tim e-sports asal Indonesia, Onic Esports, menjuarai Mobile Legends Southeast Asia Cup (MSC) 2023 setelah mengalahkan wakil Filipina, Blackist International dengan skor 4-2. 

Laga Grand Final ini digelar di Kamboja pada Minggu (18/6/2023) sejak pukul 18.00 WIB tadi. Ini adalah gelar juara MSC kedua bagi Onic Esports. Onic Esports sebelumnya menjuarai MSC 2019.

Pertandingan final antara Onic vs Blacklist mengusung format tujuh game (Best of 7/Bo7). Artinya, tim harus memenangkan 4 game untuk jadi juara.

Kedua tim menunjukkan penampilan yang apik. Jual beli serangan terjadi sejak game pertama. Meski secara keseluruhan Onic lebih dominan, Blacklist International dapat merepotkan pertahanan Onic.

Baca juga: Menang Telak, Onic Esports Lolos Grand Final MSC 2023

Buktinya terlihat pada game ketiga dan kelima saat Blacklist International dapat memecah kebuntuan menghadapi Onic. Dengan pemilihan hero yang tepat, Blacklist dapat meredam serangan bertubi-tubi yang dilakukan Onic.

Onic yang beranggotakan Kairi, Sans, Kiboy, Butsss, dan CW, tampil lebih sabar serta disiplin. Pada akhirnya Onic Esports bisa merebut kemenangan dengan performa yang apik.

Dengan kemenangan tersebut, tim dengan julukan "Raja Langit" membawa pulang hadiah sebesar 140.000 dollar AS (sekitar Rp 2 M).

Adapun juara kedua membawa pulang 60.000 dollar AS (Rp 890 juta), kemudian juara ketiga 30.000 dollar AS (Rp 448 juta), dan juara keempat 15.000 dollar AS (Rp 224 juta), sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Liquipedia, Minggu (18/6/2023).

Jalannya pertandingan

Onic menang cepat pada game pertama. Saling serang terjadi sejak menit ke dua, di area tengah.

CW berhasil melakukan first blood. Sejak itu, kedua tim saling balas serangan dan kill. Namun, keuntungan ada di Onic karena unggul dalam perolehan gold.

Kemudian, Kairi melakikan take over lord di menit kesembilan, tiga kill, dan merobohkan base turret. Inilah yang jadi momentum kemenangan Onic pada game pertama.

Karakteristik gameplay Onic pada game pertama ini tampak menyerang. Kombinasi Kairi dan Beatrix yang digunakan CW tampil dengan apik. Bahkan CW berhasil mega kill di menit ke-11 dan monster kill. Permainan game pertama hanya berlangsung selama 11 menit.

Jadwal final MSC 2023 antara Onic Esports vs Blacklist International akan berlangsung pada Minggu, 18 Juni 2023 pukul 18.00 WIB.Instagram/MPL Update Jadwal final MSC 2023 antara Onic Esports vs Blacklist International akan berlangsung pada Minggu, 18 Juni 2023 pukul 18.00 WIB.

Epic "comeback" pada match kedua

Pada pertandingan berikutnya, Onic kembali menunjukkan sentuhan magis mereka. Kalah telak dalam perebutan turtle dan lord sepanjang pertandingan, Onic justru dapat mengamankan game kedua.

Blacklist International sebenarnya tampil dominan sepanjang pertandingan kedua. Lord dan turtle terus mereka dapatkan. Blacklist tampil menyerang dan dominan.

Mereka kerap berpindah jalur dari bagian tengah ke bawah, tetapi masih belum bisa menembus pertahanan Onic Esports. Di sini, Blacklist juga unggul dalam jumlah perolehan kill.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com