Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel Lipat Samsung Galaxy Z Fold 5 Pakai Desain Engsel Baru?

Kompas.com - 19/06/2023, 08:00 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Duo ponsel lipat anyar bikinan Samsung, yakni Galaxy Z Fold 5 dan Galaxy Z Flip 5 dipastikan akan meluncur pada akhir Juli 2023 dan diselenggarakan pertama kali di Seoul, Korea Selatan.

Setelah mengumumkan jadwal dan lokasi peluncuran perangkat, Samsung belum membeberkan fitur unggulan dari kedua perangkatnya. Namun, tampang dari Galaxy Z Fold 5 baru-baru ini mencuat di media maya.

Melansir dari My Smart Price yang dikutip Hardware Zone, terdapat bocoran poster Galaxy Z Fold 5 yang memperlihatkan keseluruhan bodi perangkat.

Baca juga: Samsung Galaxy Z Fold 5 dan Z Flip 5 Rilis 26 Juli?

Dari gambar tersebut, ponsel anyar Samsung ini terlihat mengadopsi konstruksi engsel yang berbeda dibanding pendahulunya.

Konon, bentuk engsel (hinge) yang diadopsi memiliki bentuk menyerupai tetesan air (waterdrop), tidak berbentuk huruf “U” lagi seperti di Galaxy Z Fold 4 series yang sudah meluncur tahun lalu.

Dengan mengadopsi engsel yang baru, bekas lipatan di layar diyakini kuat dapat disamarkan dan membuat layar tampak lebih datar. Desain engsel baru tersebut juga diklaim dapat membuat layar bisa tertutup lebih rapat dibanding sebelumnya.

Baca juga: Cara Samsung Jaga Engsel Galaxy Z Fold 2 agar Tidak Cepat Rusak

Kebaruan lainnya yang ditemukan adalah bezel (bingkai layar) di layar sekunder (layar bagian dalam) lebih tipis. Hal tersebut turut membuat layar Galaxy Z Fold 5 tampak lebih lega dan luas.

Selain dua hal di atas, tidak terdapat perubahan desain yang signifikan. Galaxy Z Fold 5 masih ditemani tiga sensor kamera belakang yang diposisikan secara vertikal dan dibenamkan ke modul berbentuk lonjong.

Hanya saja, lampu kilat yang sebelumnya ditempatkan di bawah kamera, kini di pindah ke samping modul kamera.

Bocoran spesifikasi Galaxy Z Fold 5

Konon, Galaxy Z Fold 5 disebut bakal mengandalkan chipset yang sama seperti Galaxy S23 series. Chipset tersebut adalah Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy.

Soal kamera, perangkat lipat anyar ini dikabarkan mengalami peningkatan. Kamera utama perangkat disinyalir berubah menjadi 108 MP dan menyediakan kompartemen baru untuk menyimpan pen digital (stylus).

Baca juga: Pixel Fold Resmi Meluncur, Ponsel Lipat Pertama Buatan Google

Galaxy Z Fold 5 kabarnya bakal mengusung layar AMOLED 7,6 inci beresolusi Full HD Plus untuk bagian dalam dan 6,2 inci beresolusi Quad HD Plus untuk layar utama. Kedua layar akan memiliki refresh rate 120 Hz dan dilapisi Corning Gorilla Glass Victus 2 untuk layar utama.

Merujuk pada rumor lain, Galaxy Unpacked untuk Galaxy Z Fold 5 dan Galaxy Z Flip 5 diyakini kuat akan digelar pada 26 Juli 2023. Namun, belum dapat dipastikan apakah informasi ini akurat atau tidak.

Yang pasti, peluncuran duo ponsel lipat anyar ini dilakukan lebih cepat ketimbang Galaxy Z Fold 4 dan Galaxy Z Flip 4 di 2022. Dikarenakan kedua perangkat digelar pada akhir Agustus 2022 di New York AS, satu bulan lebih dalam dari Galaxy Unpacked 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com