Cara Samsung Jaga Engsel Galaxy Z Fold 2 agar Tidak Cepat Rusak

Kompas.com - 13/08/2020, 18:07 WIB
Samsung Galaxy Z Fold 2. SamsungSamsung Galaxy Z Fold 2.

KOMPAS.com - Dalam acara tahunan Galaxy Unpacked yang digelar secara online pada pekan lalu, Samsung resmi memperkenalkan ponsel lipat terbarunya, yakni Galaxy Z Fold 2.

Meski detail spesifikasinya masih belum diungkap kepada publik, namun suksesor Galaxy Fold generasi pertama itu kabarnya hadir dengan sejumlah pembaruan mutakhir.

Salah satunya mencakup fitur pembersih otomatis yang disematkan pada bagian engsel ponsel.

Fitur yang disebut sebagai "sweeper" itu terdiri dari deretan bulu sikat, yang berfungsi untuk membersihkan debu dan kotoran yang masuk ke engsel ponsel.

Baca juga: Ini Bedanya Galaxy Z Fold 2 dengan Galaxy Fold Generasi Pertama

Saat ponsel dilipat ke dalam dan ke luar, bulu sikat itu juga secara otomatis membersihkan lapisan permukaan engsel.

Samsung sebelumnya telah membekali engsel Galaxy Fold generasi pertama dengan lapisan sikat, tujuannya saat itu adalah untuk memblokir debu atau kotoran yang berasal dari luar.

Namun, fitur tersebut dinyatakan belum efektif karena debu dan kotoran masih berhasil lolos dan masuk ke bagian engsel ponsel, sehingga menyebabkan masalah saat melipat ponsel.

Bulu sikat di engsel Galaxy Z Fold 2.Samsung Bulu sikat di engsel Galaxy Z Fold 2.

Lebih lanjut, bulu sikat yang dimiliki engsel Galaxy Z Fold 2 disebut memiliki ukuran 25 persen lebih pendek dari sebelumnya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Engadget, Kamis (13/8/2020).

Dengan ukuran yang lebih kecil, bulu sikat tersebut diklaim dapat membersihkan lebih banyak partikel debu secara lebih efektif. Secara teori, bulu sikat itu dianggap Samsung dapat membantu mengurangi kerusakan engsel yang diakibatkan oleh debu dan kotoran.

Baca juga: Menjajal Ponsel Lipat Galaxy Fold Seharga Rp 30 Juta di Indonesia

Namun yang menjadi pertanyaan terbesar saat ini adalah, berapa lama daya tahan sikat bulu pada Galaxy Z Fold 2 itu.

Terlepas dari kemampuan tersebut, Samsung masih belum mengumumkan mengenai spesifikasi detail, ketersediaan, serta harga Galaxy Z Fold 2.

Perusahaan ponsel asal Korea Selatan itu berjanji akan memberi informasi tersebut pada 1 September mendatang, bersamaan dengan pembukaan kanal pemesanan (pre-order) ponsel.



Sumber ENGADGET
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X