Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pixel Fold Resmi Meluncur, Ponsel Lipat Pertama Buatan Google

Kompas.com - 11/05/2023, 08:30 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Setelah dinanti-nanti, Google akhirnya resmi meluncurkan ponsel lipat (foldable phone) pertamanya bernama "Pixel Fold".

Ponsel ini dirilis bersamaan dengan Pixel 7a dan Pixel Tablet dalam ajang tahunan Google I/O, pada Rabu (10/5/2023) siang waktu Amerika Serikat.

Dengan dirilisnya Pixel Fold, Google resmi ikut meramaikan pasar ponsel lipat (foldable phone) dunia, bersaing dengan Samsung (Galaxy Z Fold), Oppo (Find N), Vivo (X Fold), serta Huawei (Mate X).

Spesifikasi Pixel Fold

Layar utama Google Pixel Fold bakal didukung fitur dual screen pada musim gugur (September-November) 2023.YouTube/ Made by Google Layar utama Google Pixel Fold bakal didukung fitur dual screen pada musim gugur (September-November) 2023.
Pixel Fold memiliki mekanisme lipatan horizontal atau mirip seperti buku. Mekanisme lipatannya sama persis dengan Galaxy Z Fold atau Oppo Find N.

Seperti ponsel lipat lainnya, Google Pixel Fold memiliki dua layar, yaitu layar utama (dalam keadaan direntangkan) serta cover screen (dalam keadaan dilipat) atau layar sekunder.

Untuk spesifikasinya, layar utama Pixel Fold mengusung panel OLED 7,6 inci dengan resolusi 2.208 x 1.840 piksel, refresh rate 120 Hz, serta tingkat kecerahan (brightness) maksimum 1.450 nits.

Baca juga: Google Pixel 7a Meluncur dengan Chipset Tensor G2 dan Kamera 64 MP

Sementara cover screen Pixel Fold, dibekali panel OLED 5,8 inci dengan resolusi 2.092 x 1.080 piksel, refresh rate 120 Hz, serta tingkat brightness maksimum 1.550 nits.

Dalam keadaan dilipat, Pixel Fold memiliki dimensi 139,7 (panjang) x 79,5 (lebar) x 12,1 mm (ketebalan).

Dengan dimensi tersebut, Pixel Fold memiliki ciri khas layar yang lebih pendek dan cenderung melebar. Berbeda dengan Galaxy Z Fold 4, misalnya, yang memiliki layar lebih tinggi dan cenderung ramping ketika dilipat.

Sebagai gambaran, dalam keadaan dilipat, Samsung Galaxy Z Fold 4 memiliki dimensi 155,1 (panjang) x 67,1 (lebar) x 14,2 mm (ketebalan).

Berbeda dengan Galaxy Z Fold 4, layar Pixel Fold ini belum mendukung aksesori stylus atau pensil digital.

Lima kamera

Untuk sektor fotografi, Pixel Fold dibekali lima kamera. Tiga kamera terletak di bagian modul kamera belakang khas ponsel Pixel. Ketiga kamera itu terdiri dari kamera utama 48 MP (f/1.7), kamera ultrawide 10,8 MP (f/2.2), dan kamera telefoto 10,8 MP (f/3.05, zoom optis 5x).

Lalu, ada satu kamera selfie di layar utama dengan resolusi 8 MP (f/2.0). Terakhir, satu kamera selfie 9,5 MP (f/2.2) juga dibenamkan di cover screen.

Google menyertakan beragam fitur fotografi di ponsel lipat perdananya ini, meliputi HDR, timelapse astrofotografi, perekaman video 4K pada 30fps dan 60fps, perekaman video 1080p pada 30fps dan 60fps, video slow-motion hingga 240fps, timelapse 4K.

Ada juga fitur "Photo Unblur". Fitur itu menggunakan pemrosesan AI yang lebih canggih untuk menghilangkan keburaman dan noise dari foto-foto lawas yang diambil bertahun-tahun lalu dengan ponsel lama apa pun.

Baca juga: Google Photos Bisa Cari Koleksi Foto Lebih Detail

Halaman:
Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com