Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Punya TV Neo QLED 8K Baru, Ini Deretan Keunggulannya

Kompas.com - 19/06/2023, 17:35 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Samsung Electronics Indonesia resmi mengumumkan televisi (TV) kelas atas terbarunya, yaitu Samsung Neo QLED 8K TV pada April lalu. Kini, Samsung mulai memamerkan keunggulan televisi mini LED-nya ini.

Salah satu fitur yang diunggulkan adalah teknologi AI Upscaling yang diklaim dapat meningkatkan kualitas gambar video lawas menjadi setara 8K.

"Neural Quantum Processor 8K dari Samsung akan mengubah konten apa pun menjadi setara 8K yang berkualitas tinggi, dengan tekstur lebih baik, detail yang lebih kaya, dan noise minimal," kata Ubay Bayanudin selaku Head of Product - AV Business, Samsung Electronics Indonesia, dalam acara “Samsung Neo QLED 8K Product Experience” di Jakarta Selatan, Senin (19/6/2023).

Adapun cara kerjanya, teknologi AI Upscaling mengumpulkan dan mempelajari karakteristik konten berdasarkan jenis dan menyimpannya di basis data.

Baca juga: Samsung Umumkan Smart TV Neo QLED 8K 2022 di Indonesia, Bisa Dipesan Mulai 25 April

Setelah itu, basis data bakal digunakan untuk memproses jenis gambar yang serupa sehingga resolusinya lebih tinggi dan noise-nya lebih rendah.

Selain fitur AI Upscaling, ada pula fitur Quantum Matrix Technology Pro dengan HDR 14-bit. Teknologi ini mampu menghasilkan gambar lebih realistis seperti butiran pasir, permukaan awan, dan lain-lain.

Samsung juga memamerkan kecanggihan fitur Real Depth Enhancer Pro yang diklaim bisa meningkatkan kedalaman gambar, seolah-olah memiliki efek tiga dimensi (3D).

Fitur Real Depth Enhancer Pro di televisi Samsung Neo QLED 8K, diklaim mampu meningkatkan kedalaman gambar, seolah-olah memiliki efek tiga dimensi (3D).KOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Fitur Real Depth Enhancer Pro di televisi Samsung Neo QLED 8K, diklaim mampu meningkatkan kedalaman gambar, seolah-olah memiliki efek tiga dimensi (3D).

Masih bicara soal layar, pengguna bisa memanfaatkan fitur Auto HDR Remastering untuk meningkatkan kontras, warna, dan kecerahan konten SDR ke level HDR.

Untuk meningkatkan kenyamanan pengguna, Samsung menghadirkan fitur EyeComfort Mode dan Anti Reflection.

EyeComfort Mode mampu menyesuaikan kecerahan layar berdasarkan pencahayaan di sekitar televisi. Sementara itu, Anti Reflection mengurangi pantulan cahaya dari berbagai sudut di ruangan.

Fitur lain yang dibawa Samsung Neo QLED 8K TV adalah Multi View yang memungkinkan layar "dipotong" menjadi empat untuk menampilkan empat konten yang berbeda.

Fitur Multi View memungkinkan pembagian layar televisi hingga empat konten.KOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Fitur Multi View memungkinkan pembagian layar televisi hingga empat konten.

Dalam kondisi seperti ini, pengguna bisa mendengarkan dua audio dari konten yang berbeda dengan memanfaatkan dua pasang earbuds.

Baca juga: Samsung Kenalkan Smart TV Neo QLED 8K 2022, Dukung Stadia dan NFT

Terakhir, ada fitur Relumino Mode yang diperuntukkan bagi pengguna yang kesulitan melihat. Fitur ini menegaskan elemen garis dari tiap adegan dengan warna yang lebih kontras dan jelas.

Di luar itu, terdapat berbagai fitur audio seperti speaker multi-direction yang mengeluarkan audio dari kiri, kanan, atas, hingga belakang layar televisi.

Speaker tersebut dibekali teknologi Dolby Atmos dan fitur Object Tracking Sound Pro yang diklaim menghasilkan suara berkualitas 3D surround yang dinamis.

Lalu, ada Samsung Soundbar yang dilengkapi fitur Q-Symphony 3.0. Fitur ini memberikan suara berkualitas tinggi, layaknya sedang berada di bioskop mini.

Harga televisi Samsung Neo QLED 8K

Samsung Neo QLED 8K tersedia di Indonesia dalam tiga model, yakni QN900C (layar 85 inci), QN800C (75 inci), QN700C (65 dan 55 inci).

Adapun televisi tersebut dibanderol mulai dari harga Rp 28 juta hingga Rp 130 juta. Pengguna bisa membeli televisi ini lewat situs resmi Samsung dan gerai resmi lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com