Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Proses Perakitan Laptop Asus yang Dibuat di Batam

Kompas.com - 21/06/2023, 08:00 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Kompas.com - Bulan Maret lalu, Asus meluncurkan laptop ExpertBook P1412. Ini adalah laptop pertama Asus yang diproduksi di Indonesia.

Nah, Asus mengajak sejumlah awak media, termasuk KompasTekno, untuk melihat bagaimana proses perakitan laptop tersebut, langsung dari pabriknya.

Adapun laptop itu dirakit di PT Sat Nusapersada, Batam, Kepulauan Riau. Di pabrik ini, lini produksi produk Asus dipusatkan di lantai enam.

Dalam media visit ke manufaktur tersebut, Division Manager, Sat Nusapersada, Budi Hartono menjelasakan tahapan perakitan Asus ExpertBook P1.

Awalnya, aneka komponen laptop yang diimpor dari China atau Taiwan ditempatkan di satu tempat, sehingga siap dirakit menjadi satu unit laptop utuh. Secara umum tahapnya meliputi perakitan komponen dan pengecekan alias pengujian.

Baca juga: Laptop Pertama Asus Produksi Indonesia Dirakit di Batam

Tahap perakitan

Adapun proses perakitan diawali dengan pemasangan aneka komponen termasuk keyboard, PCB, port USB dan port lainnya. Di lanjutkan dengan pemasangan speaker, baterai, kipas hingga memori berjenis SSD.

Kemudian petugas lainnya melakukan pengecekan fisik layar LCD dan mendaftarkannya ke sistem. Pasalnya, setiap komponen laptop memiliki nomor seri tersendiri.

"Jadi LCD dan komponen-komponen yang lain itu memiliki nomor seri. Kita register ke sistem, di database kita simpan," kata Budi kepada awak media di pabrik laptop Asus di Sat Nusapersada, Batam, Senin (19/6/2023).

Keyboard dan aneka komponen lain yang sudah terpasang kemudian direkatkan dengan sekrup. Berpindah ke petugas lainnya yang memasang modul WiFi laptop.

Proses produksi laptop Asus ExpertBook P1 di PT Sat Nusapersada, BatamKompas.com/Lely Maulida Proses produksi laptop Asus ExpertBook P1 di PT Sat Nusapersada, Batam

Petugas lainnya kemudian mengecek dan memastikan apakah setiap komponen sudah terpasang secara presisi atau belum, dilanjutkan dengan pemasangan nomor seri laptop. Nomor serinya sudah ditentukan oleh Asus untuk setiap model/SKU-nya, sehingga pihak Sat Nusapersada hanya berperan dalam proses cetak label.

Setelah itu, bodi bawah dan layar laptop digabungkan menggunakan sekrup. Dengan demikian, di tahap ini laptop bisa dikatakan setengah jadi.

Baca juga: ExpertBook P1412 Kantongi TKDN 25 Persen, Laptop Pertama Asus Rakitan Indonesia

Tahap pengujian

Karena sudah setengah jadi, laptop ExpertBook P1 sudah bisa melalui tahap pengujian, diawali dengan tes buka tutup laptop dan visual layar.

Untuk visual layar, Pengecekannya dilakukan secara manual, menggunakan semacam kotak hitam pekat guna memastikan tidak ada kecacatan pada layar laptop.

"(Di sini) Pengecekan tutup buka laptop dan terangnya LCD. (Memastikan) Ada bintik-bintik nggak, dicek pakai kotak hitam. Kalau terang kan enggak kelihatan, kalau hitam akan tampak jelas (kerusakannya)," jelas Budi.

Selain itu, aneka port seperti port USB, HDMI hingga touchpad dan kamera laptop juga diuji di tahap ini.

Proses produksi laptop Asus ExpertBook P1 di PT Sat Nusapersada, BatamKompas.com/Lely Maulida Proses produksi laptop Asus ExpertBook P1 di PT Sat Nusapersada, Batam

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com