Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Browser AI Opera One Sudah Bisa Di-download oleh Semua, Ini Link-nya

Kompas.com - 21/06/2023, 09:00 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Blog Opera

KOMPAS.com - Opera One, peramban (browser) Opera yang didukung kecerdasan buatan (AI) generatif, akhirnya bisa di-download pengguna.

Pada dasarnya Opera One adalah browser utama Opera, tetapi kemudian dilengkapi dengan AI generatif. Sebelumnya Microsoft juga telah merilis browser Edge dengan dukungan ChatGPT.

"Kami mendesain ulang Opera secara menyeluruh, membuka jalan bagi era baru di mana AI bukan hanya tambahan, melainkan bagian dari inti pengalaman Anda berselancar (internet)," tulis Opera di blog resminya, Rabu (21/6/2023).

Opera One awalnya diperkenalkan perusahaan pada akhir April lalu. Saat itu, browser yang didukung AI ini juga sudah bisa diunduh, tetapi terbatas bagi para pengembang saja.

Nah, sekarang Opera One sudah tersedia gratis dalam versi stabil untuk semua pengguna, termasuk Windows, macOS hingga Linux.

Link download Opera One yang dilengkapi AI, klik tautan berikut ini.

Fitur Opera One

Seperti disinggung di atas, Opera One didukung dengan AI yang disebut Aria. Dan seperti pernyataan Opera, AI itu bukan hanya fitur tambahan, melainkan inti dari browser internet itu sendiri.

Baca juga: Serupa tapi Tak Sama, Ini 5 Perbedaan Bing AI dan ChatGPT

Singkatnya, hampir semua pengalaman pengguna ketika menjelajah internet di Opera One didukung oleh Aria.

Aria adalah asisten browser bertenaga AI, hasil kolaborasi Opera dengan OpenAI. Nah, dengan dukungan Aria, pengguna Opera One akan mendapatkan akses gratis ke ChatGPT disertai fitur tambahan yang dirancang khusus untuk pengguna Opera.

Integrasi Aria dengan ChatGPT juga memungkinkan pengguna menyaring informasi dari aneka situs, menulis teks, melakukan koding, menjawab pertanyaan, dan lainnya.

Opera One juga menawarkan akses singkat ke Aria, dengan menekan tombol ctrl+/ untuk Windows, dan cmd+/ untuk pengguna Mac.

Baca juga: Ikuti Jejak Microsoft, Opera Pasang AI ChatGPT di Browser

Ketika tombol itu ditekan, pengguna akan mendapatkan prompt untuk berinteraksi dengan Aria, misalnya untuk mengajukan pertanyaan, sehingga Aria memberikan jawaban.

Opera One, browser Opera bertenaga AIOpera Opera One, browser Opera bertenaga AI

Pengguna juga bisa menanyakan informasi seputar produk dan layanan yang ditawarkan Opera, karena Aria dibekali pengetahuan tentang seluruh basis data dokumen dukungan (support) untuk browser tersebut.

Baca juga: Opera Umumkan Aria, Asisten Browser Cerdas Bertenaga ChatGPT

Fitur lainnya dari Opera One yaitu Tab Island. Di sini, semua tab yang terkait akan digabungkan dengan cara yang intuitif berdasarkan konteks, sehingga pengguna lebih mudah melakukan pencarian.

Opera One, browser Opera bertenaga AIOpera Opera One, browser Opera bertenaga AI

Misalnya ketika pengguna mencari informasi soal hotel, rute hingga aktivitas yang bisa dilakukan di lokasi terkait. Nah, karena konteksnya sesuai atau mirip, Opera One bisa membantu pengguna menyatukan setiap tab dalam satu tab khusus secara otomatis.

Tak ketinggalan, antarmuka Opera One juga dipoles lebih menarik ketimbang browser Opera sebelumnya.

Secara teknis perusahaan menerapkan arsitektur browser baru dan Multithreaded Compositor. Dengan begitu, Opera One diklaim punya antarmuka yang lebih cepat dan lancar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com