Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikuti Jejak Microsoft, Opera Pasang AI ChatGPT di Browser

Kompas.com - 15/02/2023, 13:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Mengikuti jejak Google dan Microsoft, Opera juga mengintegrasikan kecerdasan buatan (AI) ChatGPT ke dalam peramban atau browser buatannya.

AI ChatGPT akan tampil di bagian sidebar browser Opera dalam bentuk fitur baru. Saat ini keberadaan ChatGPT di browser Opera masih dalam tahap uji coba.

Fitur tersebut bernama Shorten. Fitur berbasis AI ChatGPT ini dapat menyajikan ringkasan halaman website atau situs yang sedang dibuka pengguna.

Melalui sebuah video demonstrasi, Opera memperlihatkan bagaimana fitur Shorten yang berbasis ChatGPT itu bekerja.

Dalam video tersebut tampak ChatGPT akan tampil di bagian sisi kiri browser, sama seperti sidebar lain yang sudah tersedia. Kemudian, pengguna akan menemukan tombol "Shorten" di bagian kanan atas halaman, atau sejajar dengan alamat situs.

Baca juga: ChatGPT Plus Resmi di Indonesia, Biaya, Cara Berlangganan, serta Fitur yang Didapat

Saat tombol tersebut diklik, ChatGPT yang ada di bagian sidebar secara otomatis akan membuat ringkasan tulisan dari halaman yang tengah dibuka.

"Selama lebih dari 25 tahun, kami selalu menjadi yang terdepan dalam inovasi browser. Kami selalu mendorong batas dari apa yang mungkin dilakukan di web," kata Song Lin, Co-CEO Opera

Sidebar yang dilengkapi ChatGPT muncul di bagian kiri browser dalam bentuk pop out. Sidebar tersebut kemudian akan memberikan ringkasan isi website dalam bentuk bullet points.

Dirangkum KompasTekno dari The Verge, Rabu (15/2/2023), fitur ini nantinya akan hadir di browser Opera versi desktop dan mobile. Kendati demikian, pihak Opera sendiri belum membeberkan rincian dari fitur ini.

Integrasi ChatGPT ke dalam browser Opera ini juga belum dirilis resmi kepada publik. Opera tidak menyebut kapan fitur berbasis ChatGPT itu akan dirilis.

Ketika ditanyakan perihal tanggal perilisan, Jan Standal selaku Vice President Marketing and Communications memastikan bahwa fitur perangkuman ini akan hadir "dalam waktu yang sangat dekat".

Belum diketahui apakah fitur Shorten yang berbasis ChatGPT ini hanya akan bisa merangkum isi website yang sedang dibaca, atau akan memiliki kemampuan lain.

"Kami sangat senang melihat peluncuran program seperti Google Bard, dan (kami) mulai mengembangkan dan meluncurkan pengalaman baru dalam penelusuran web yang belum lama ini tampaknya mustahil untuk dicapai", jelas Per Wetterdal, Head of Strategic Partnerships and AI Ecosystem Opera.

Baca juga: Ketika AI ChatGPT Lolos Wawancara Kerja di Google, Dapat Tawaran Gaji Tinggi...

Ikuti jejak Microsoft

Integrasi ChatGPT ke dalam browser Opera, dilakukan setelah Microsoft mengumumkan integrasi ChatGPT di browser Edge.

Microsoft meluncurkan dua fitur AI baru di browser Edge. Kedua fitur ini bernama Chat dan Compose.

Chat memungkinkan pengguna memakai teknologi AI untuk melihat inti dari teks yang sedang mereka baca, sedangkan Compose bisa membantu pengguna membuat sebuah teks berdasarkan topik yang mereka sedang telusuri di internet.

Adapun fitur Chat dan Compose ini bakal tersedia di menu Edge Sidebar yang bisa diakses di deretan menu vertikal yang ada di sebelah kanan tampilan Microsoft Edge.

Selain Edge, Microsoft juga mengintegrasikan AI ChatGPT ke search engine-nya, Bing. Fungsinya pun juga untuk mencari informasi.

Pengguna langsung dapat mencoba versi terbaru Bing di situs resminya, meskipun dengan akses yang terbatas. Untuk mengakses versi lengkapnya, pengguna dapat mendaftarkan diri pada daftar tunggu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com