Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi Ramai, Aplikasi Gojek Ternyata Bisa Buat "Chatting" Mirip WhatsApp, Begini Caranya

Kompas.com - 21/06/2023, 13:45 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Aplikasi Gojek dikenal sebagai platform ride-hailing, di mana fungsi utamanya adalah untuk memanfaatkan layanan Gojek, seperti GoRide, GoFood, GoSend, dan sebagainya.

Akan tetapi, ada fitur lain yang sudah lama ada, namun belum banyak pengguna mengetahui atau menyadarinya. Fitur itu adalah "Chat". Fitur ini rupanya sedang ramai diperbincangkan warganet di media sosial.

Seperti namanya, fitur ini memungkinkan pengguna aplikasi Gojek berkirim pesan ke sesama kontak yang tersimpan di ponsel.

Cara kerjanya sama persis seperti aplikasi perpesanan WhatsApp (WA). Di aplikasi Gojek, pengguna bisa berkirim pesan ke semua kontak karena aplikasi itu meminta izin akses ke kontak ponsel.

Nah, ketika pengguna menyetujui akses tersebut, semua kontak bisa dicari atau ditemukan melalui Gojek, termasuk saat ingin menggunakan Chat.

Baca juga: Riset UI: Integrasi Gojek dan Tokopedia Mampu Stabilkan Pendapatan Mitra

Menurut keterangan Gojek, fitur Chat tersedia pada aplikasi Gojek versi 3.23 ke atas. Fitur ini tersedia secara gratis untuk pengguna aplikasi Gojek. Nah, bila Anda ingin berkirim pesan via Gojek, pastikan Anda dan kontak Anda menggunakan setidaknya aplikasi versi 3.23.

Secara umum, tampilan Chat Gojek cukup sederhana seperti WhatsApp. Tampilan utamanya menampilkan sederet obrolan dengan berbagai kontak, berikut nama kontak tersimpan serta preview chat terakhir.

Tampilan di ruang obrolan juga cukup identik dengan WhatsApp, di mana kolom tulis pesan baru terdapat di paling bawah, bersanding dengan tombol kirim berlogo pesawat kertas. Lantas bagaimana cara chat di aplikasi Gojek? Berikut langkahnya:

Cara chat lewat aplikasi Gojek

  • Buka aplikasi Gojek.
  • Pilih tab Chat.
  • Klik ikon plus untuk memulai chat baru.
  • Masukan kontak ke kolom pencarian.
  • Mulai obrolan.

Cara chat di Gojek seperti di WhatsaAppKompas.com/Lely Maulida Cara chat di Gojek seperti di WhatsaApp

Selanjutnya, daftar kontak yang pernah di-chat di aplikasi Gojek akan tersimpan di tampilan utama tab Chat. Jadi, pengguna tak perlu lagi mencari kontak yang sama untuk memulai obrolan lain.

Meski menggunakan aplikasi Gojek versi lebih baru, pengalaman chat antar pengguna Gojek bisa jadi akan berbeda, khususnya soal proses pengiriman pesan. Pasalnya, berdasarkan pengalaman KompasTekno, chat di Gojek muncul secara real time ketika lawan obrolan membalas chat.

Namun sebagian dari kami juga mendapati adanya delay (tertunda) saat menerima pesan, sehingga chat muncul lebih lama dibanding aplikasi WhatsApp.

Selain itu, tidak ada notifikasi yang muncul dari aplikasi Gojek ketika pengguna mendapat chat baru atau chat balasan dari pengguna lainnya. Satu-satunya notifikasi adalah adanya titik berwarna merah pada ikon tab Chat.

Tak hanya pesan teks, pengguna juga bisa berkirim stiker, emoji, hingga gambar baik dari galeri maupun kamera aplikasi.

Baca juga: LinkAja Tidak Bisa Dipakai untuk Tap KRL Lagi, Ini Cara Bayarnya via Gojek

Blokir kontak di Gojek

Nah, bila Anda mendapat pesan yang tak diinginkan di Chat Gojek, Anda juga bisa memblokir kontak tertentu. Caranya, klik profil kontak dan pilih opsi blokir.

Cara blokir chat/kontak di GojekKompas.com/Lely Maulida Cara blokir chat/kontak di Gojek
Selain itu, Anda juga bisa membatasi akses kontak Gojek melalui menu pengaturan ponsel, yakni dengan membatasi aksesnya.

Cara blokir akses kontak GojekKompas.com/Lely Maulida Cara blokir akses kontak Gojek

Di ponsel Android, caranya adalah, buka menu Aplikasi > pilih aplikasi Gojek > Kontak > lalu pilih "Jangan izinkan (Don't allow)". Pengaturan ini akan membatasi aplikasi Gojek mengakses kontak Anda, sehingga beberapa fitur, seperti Chat, tidak bisa digunakan.

Pengguna juga akan kesulitan melacak kontak untuk mengirim GoPay ke pengguna lainnya. Apabila ingin mengaktifkannya, gunakan langkah yang sama, lalu pilih "Izinkan (Allow)".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com