Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melihat Laptop Tipis Acer Swift X 14 dari Berbagai Sisi

Kompas.com - 22/06/2023, 18:31 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Acer Swift X 14 resmi meluncur di Indonesia. Selain mengunggulkan desain tipis dan ringan ala Swift selama ini, X 14 juga menjadi lini laptop Swift pertama yang menggunakan GPU discrete.

Tak seperti pendahulunya yang menggunakan GPU integrated, Swift X 14 mengusung GPU (kartu grafis) Nvidia GeForce RTX 4050.

Consumer Presales Manager Acer Indonesia, Taher Maulana mengatakan dengan spesifikasi itu, Acer Swift X 14 memiliki performa yang kencang, dibantu oleh CPU/prosesor terbaru dari Intel Core generasi ke-13, yaitu Intel Core i7-13700H.

Baca juga: 4 Keunggulan Acer Swift X 14, Laptop Tipis Harga mulai Rp 23 Juta

KompasTekno berkesempatan melihat lebih dekat dengan Acer Swift X 14 saat acara peluncuran di Jakarta, Rabu (22/6/2023). Berikut ulasan hands-on singkat Acer Swift X 14.

Tipis dengan bodi alumunium

Perbandingan Acer Swift X 14 14,5 inci (atas) dengan perbandingan Acer Swift X 16 (bawah).KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Perbandingan Acer Swift X 14 14,5 inci (atas) dengan perbandingan Acer Swift X 16 (bawah).
Acer Swift selama ini memang mengisi segmen laptop tipis dan ringan. Di atas kertas, Acer Swift X 14 ini memiliki ketebalan 1,79 mm dengan bobot 1,55 Kg. Hal ini membuat laptop tipis dan cukup ringan ketika dijinjing atau dibawa.

Bodi rangka (sasis) laptop Acer Swift X sudah menggunakan material aluminium. Ini membuat tampang laptop ini lebih elegan dengan warna Steel Gray.

Layar OLED 14,5 inci

Layar laptop ini memiliki bezel yang tipis dan juga bisa dibuka dengan mudah dengan satu tangan. Layarnya bisa dibentangkan hingga kurang lebih 120 derajat.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Layar laptop ini memiliki bezel yang tipis dan juga bisa dibuka dengan mudah dengan satu tangan. Layarnya bisa dibentangkan hingga kurang lebih 120 derajat.
Laptop ini juga mengunggulkan sektor layar. Kali ini, layar Acer Swift X 14 sudah menggunakan panel OLED 14,5 inci.

Layar tersebut mendukung resolusi 2,8K (2.880 X 1.800 piksel), refresh rate 120 Hz, tingkat kecerahan (brightness) maksimum 500 nits, serta aspek rasio 16:10.

Sepengalaman KompasTekno, layar tersebut menampilkan tampilan yang jernih sehingga memanjakan mata ketika melihat konten video atau foto.

Baca juga: Daftar Harga Laptop Acer Terbaru Mulai Rp 6 Jutaan

Layar Acer Swift X 14 sudah mendukung gamut warna DCI-P3 yang diklaim mencapai 100 persen. Hal ini membuat warna tersebut juga bisa menampilkan spektrum warna lebih banyak dan lebih menyala.

Sepengalaman KompasTekno, layar laptop ini memiliki bezel yang tipis dan juga bisa dibuka dengan mudah dengan satu tangan. Layarnya bisa dibentangkan hingga kurang lebih 120 derajat.

Acer Swift X 14 punya punch hole atau lubang kamera yang memuat webcam (kamera web) 1080p FHD.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Acer Swift X 14 punya punch hole atau lubang kamera yang memuat webcam (kamera web) 1080p FHD.
Di sisi tengah atas layar terdapat sebuah punch hole atau lubang kamera yang memuat webcam (kamera web) 1080p FHD yang dilengkapi Temporal Noise Reduction (TNR) untuk membuat kualitas video menjadi lebih halus/jernih dalam kondisi cahaya redup.

Acer Swift X 14 memiliki touchpad yang lebih besar dengan material OceanGlass yang ramah lingkungan dan lebih halus.

Port dan koneksi

Laptop ini dibekali port seperti audio jack 3,5 mm, dua buah USB Type-C (Thunderbolt 4), HDMI 2.1, slot microSD.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Laptop ini dibekali port seperti audio jack 3,5 mm, dua buah USB Type-C (Thunderbolt 4), HDMI 2.1, slot microSD.
Lantas, port apa saja yang dimiliki oleh laptop tipis ini?

Di sisi kanan bodi laptop, ada port K-lock, USB 3.2 Gen 1, serta slot microSD.

Di sisi sebelah kiri ada port HDMI 2.1 untuk memudahkan pengguna menampilkan layar laptop ke layar kedua (monitor/TV/proyektor). Ada juga USB 3.2 Gen 2, dua buah USB Type-C (Thunderbolt 4) untuk transfer data dan mengisi daya, serta audio jack 3.5mm.

Fitur lain yang dibawa laptop Acer Swift 3 OLED meliputi baterai 76Wh (hingga 13 jam), dukungan konektivitas Wi-Fi 6E, keyboard backlit, audio dengan teknologi DTS: X Ultra, pemindai sidik jari (fingerprint scanner), touchpad lebih besar, serta OS bawaan Windows 11 Home.

Selengkapnya, tampang laptop tipis dan ringan Acer Swift X 14 dari segala sisi bisa dilihat lewat galeri foto "Melihat Acer Swift X 14 dari Berbagai Sisi, Laptop Setebal 1,79 Cm Berat 1,55 Kg".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com