Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Hukuman bagi Hacker Pembobol Akun Twitter Bill Gates, Obama dkk

Kompas.com - 26/06/2023, 12:02 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seorang pria asal Inggris, Joseph O'Connor, telah dijatuhkan hukuman penjara lima tahun oleh pengadilan federal New York, Jumat (23/6/2023).

O'Connor diketahui menjadi salah satu otak di balik peretasan lebih dari 130 akun Twitter ternama pada Juli 2020 lalu, termasuk Barack Obama, Joe Biden, Elon Musk, dan Bill Gates.

Sebelum dijatuhkan hukuman penjara, O'Connor ditangkap di Spanyol pada Juli 2021, lalu diekstradisi ke Amerika Serikat pada April 2023.

Sebulan kemudian, pria berusia 24 tahun ini mengaku bersalah atas empat dakwaan peretasan komputer, penipuan kawat (wire fraud), dan penguntitan dunia maya (cyberstalking).

O'Connor kemudian diperintahkan untuk membayar 794.000 dollar AS (setara Rp 11,9 miliar) kepada korban kejahatannya.

Baca juga: Akun Twitter Elon Musk, Bill Gates, dan Barack Obama Dibajak Hacker

Diwartakan sebelumnya, peretasan ratusan akun tersebut menjadi bagian dari penipuan cryptocurrency Bitcoin.

Cryptocurrency merupakan mata uang digital yang menggunakan prinsip-prinsip kriptografi, sehingga aman dan tidak bisa diduplikasi. Sementara itu, Bitcoin adalah salah satu mata uang kripto.

Adapun pembobolan tersebut dilakukan dengan teknik "spear phishing", yakni sebuah penipuan yang menargetkan satu korban atau individu secara spesifik, dengan pesan yang disesuaikan dengan korban.

Para peretas menelepon sejumlah karyawan Twitter dan meyakinkan mereka untuk membagikan informasi username dan kata sandi (password) akunnya.

Pada akhirnya, pelaku kejahatan berhasil mendapatkan akses terhadap peralatan administratif Twitter.

Setelah melakukan peretasan, O'Connor dan rekan-rekannya memposting cuitan palsu yang mengajak para pengikut akun untuk mengirimkan uang ke sebuah dompet Bitcoin.

Akun tersebut menjanjikan bakal mengirimkan kembali Bitcoin itu dengan nominal dua lipat lebih banyak.

Bunyi kicauan Twitter Bill Gates saat dibajak.Twitter Bunyi kicauan Twitter Bill Gates saat dibajak.
"Saya menggandakan semua pembayaran yang dikirim ke alamat BTC (Bitcoin) saya selama 30 menit berikutnya. Anda mengirim 1.000 dollar AS (sekitar Rp 15 juta), saya mengembalikan 2.000 dollar AS (sekitar Rp 30 juta)," bunyi cuitan dari akun pendiri Microsoft, Bill Gates.

Bunyi kicauan Twitter Elon Musk saat dibajakTwitter Bunyi kicauan Twitter Elon Musk saat dibajak
"Saya akan menggandakan pembayaran yang dikirim ke alamat Bitcoin saya selama satu jam ke depan. Semoga kalian beruntung dan tetap hati-hati di luar sana!," bunyi twit serupa yang dibagikan lewat akun CEO SpaceX, Elon Musk.

Baca juga: Remaja-remaja di Balik Aksi Peretasan Akun Twitter Bill Gates, Obama, dkk

Estimasinya, terdapat sekitar 350 juta pengguna Twitter yang melihat postingan penipuan tersebut dari berbagai akun yang dibajak. Ribuan di antaranya menjadi korban penipuan Bitcoin tersebut.

Seperti yang diketahui, O'Connor yang menggunakan handle PlugWalkJoe di dunia maya pun akhirnya ditangkap pada Juli 2021.

Sementara itu, tiga rekannya "diciduk" pada 2020, salah satunya adalah remaja bernama Graham Clark yang dijatuhkan hukuman penjara tiga tahun.

Asisten Jaksa Agung AS Kenneth Polite Jr. menggambarkan tindakan O'Connor sebagai sesuatu yang mencolok dan jahat. Menurutnya, O'Connor telah melecehkan, mengancam, dan memeras korbannya, sehingga menyebabkan kerusakan emosional yang substansial.

Departemen Kehakiman AS juga mengungkapkan bahwa O'Connor telah mengakui kejahatan peretasan lainnya, termasuk membobol akun TikTok terkenal dan membuntuti anak di bawah umur, sebagaimana dikutip KompasTekno dari Digital Trends, Senin (26/6/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com