Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Cara Instal Aplikasi di Smart TV dengan Mudah

Kompas.com - 28/06/2023, 16:00 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Sejak diberlakukan Analog Switch Off (ASO) dan mulai diberlakukan TV digital di seluruh wilayah Indonesia, membuat banyak masyarakat kini mulai beralih ke perangkat Smart TV atau Android TV.

Dengan menggunakan Smart TV pengguna bisa mengakses beragam channel digital tanpa perangkat tambahan seperti Set Top Box (STB). Kendati demikian untuk mengakses beragam aplikasi, Smart TV memiliki cakupan yang sedikit terbatas daripad Android TV.

Apabila pengguna menggunakan Android TV, maka aplikasi dapat diinstal dengan mudah lewat toko aplikasi Play Store. Namun bagaimana cara instal aplikasi di Smart TV? Maka dari itu selengkapnya berikut ini cara instal aplikasi di Smart TV.

Baca juga: Cara Menghubungkan HP ke Smart TV Tanpa Kabel

Cara instal aplikasi Smart TV

Cara menginstal aplikasi di Smart TV biasanya bervariasi tergantung pada merek dan model TV. Hal tersebut karena setiap Smart TV memiliki toko aplikasinya sendiri-sendiri.

  • Nyalakan Smart TV Anda dan pastikan koneksi internet dari WiFi sudah terhubung
  • Jika tersedia pembaruan maka segera lakukan update terbaru pada Smart TV
  • Menuju Pengaturan > pilih “About TV” > dan klik “Update”
  • Setelah sistem operasi diperbarui, menuju toko aplikasi, misalnya saja “LG Content Store”, “Samsung Apps”, dan lainnya
  • Selanjutnya gunakan fitur pencarian dan cari aplikasi yang Anda butuhkan
  • Pilih aplikasi yang Anda inginkan
  • Baca deskripsi dan tinjauan pada aplikasi
  • Pilih “Instal” atau “Download”
  • Setelah itu tunggu aplikasi hingga selesai terinstal
  • Setelah aplikasi terinstal Anda dapat menemukan ikon aplikasi di layar utama Smart Tv. Klik atau pilih aplikasi untuk menjalankannya

Baca juga: Cara Mengatasi Smart TV yang Tidak Bisa Terhubung Wifi

Kendati Android TV dan Smart TV terlihat mirip dan sama-sama bisa digunakan dalam menginstal aplikasi, namun terdapat sedikit perbedaan, yakni dalan cakupan akses aplikasi. Android TV terbilang memiliki cakupan instal aplikasi lebih luas dibanding Smart TV. 

Hal tersebut karena sistem operasi berbasis Android biasanya terhubung ke layanan Google Play Store. Sehingga pengguna Android TV bisa menginstal aplikasi di Play Store.  Sedangkan Smart TV biasanya memiliki sistem operasi bawaan yang berbeda-beda dan harus menginstal aplikasi di toko aplikasi bawaan produsen.  Penjelasan mengenai perbedaan Android TV dan Smart TV dapat And simak di artikel “Ini Beda Smart TV dan Android TV”. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com